Cara Penyusunan Proposal Penelitian (part 1)


PROPOSAL (USULAN) PENELITIAN

Proposal penelitian merupakan sebuah usulan yg dibuat dalam rangka mengadakan penelitian yg dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan proses penelitian. Tujuan Proposal adalah untuk memberikan gambaran secara singkat terhadap rencana kegiatan penelitian yang akan dilakukan, melalui proposal peneliti akan memahami segala kebutuhn yang direncanakan. Dalam menyusun proposal penelitian, hendaknya mengikuti aturan penulisan proposal yang ada di institusi. Di bawah ini adalah contoh sistematika proposal penelitian yang umumnya dipakai pada institusi pendidikan kesehatan :

JUDUL

DAFTAR ISI

BAB I       PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

B.    Rumusan Masalah

C.    Tujuan Penelitian

D.    Manfaat Penelitian

E.    Keaslian Penelitian

BAB II      TINJAUAN PUSTAKA

A.   Tinjauan Teori ( Berisi teori yang Disesuaikan dg. Variable penelitian)

B.    Kerangka Teori

C.    Kerangka Konsep

D.    Hipotesis / Pertanyaan Penelitian

BAB III     METODE PENELITIAN

A.   Desain / Rancangan Penelitian

B.    Lokasi Penelitian

C.    Populasi, Sample dan Teknik Sampling

D.    Variable Penelitian

E.    Definisi Operasional

F.     Pengumpulan Data dan Teknik Analisa Data

G.    Keterbatasan Penelitian

DAFTAR PUSTAKA

RENCANA JADWAL PENELITIAN

LAMPIRAN :

*    Instrument & Alat Ukur Penelitian

*    Surat – surat / Dokumen Penelitian

Dalam menyusun proposal penelitian ada 3 kemampuan yang harus dimiliki peneliti, diantaranya adalah: KEMAMPUAN BAHASA, METODOLOGI & MATERI ILMUUntuk menghasilkan Proposal Penelitian yang baik, ada beberapa Persyaratan tang harus diperhatikan, yaitu:

1.  SISTEMATIS

Proposal penelitian harus disusun secara sistematis menurut pola tertentu dari yang paling sederhana hingga kompleks. Proposal yang diajukan hendaknya dapat memberikan gambaran secara sistematis tentang rencana penelitian yang diajukan secara efektif dan efisien serta konsisten sehingga memudahkan pembaca.

2. BERENCANA

Yaitu harus sudah dipikirkan langkah – langkah pelaksanaannya. Hendaknya memiliki rencana jadwal yang akan dilakukan dalam penelitian secara berencana seperti ; jadwal pengumpulan data, analisis data hingga penyajian untuk laporan.

3. MENGIKUTI KONSEP ILMIAH

Yaitu mengikuti cara – cara atau metode ilmiah yang sudah ditentukan untuk mencari kebenaran ilmiah. Selanjutnya akan diuraikan lebih rinci tentang teknik penulisan proposal penelitian serta beberapa bagian yang harus terdapat di dalamnya.

JUDUL PENELITIAN

Judul merupakan cermin dari keseluruhan isi karya ilmiah. Judul penelitian harus jelas, menarik, sehingga pembaca langsung dapat menduga apa materi dan masalah yang dikaji dalam penelitian tersebut. Syarat – syarat judul yang baik diantaranya adalah :

1.   MENARIK MINAT PENELITI.

Judul yang menarik dan diminati oleh peneliti akan memberikan motivasi tersendiri bagi peneliti untuk melakukan penelitian selanjutnya.

2.  MAMPU DILAKSANAKAN OLEH PENELITI.

Judul yang mudah dilaksanakan oleh peneliti akan memperlancar  proses penelitian, sehingga hambatan yang ada selama penelitian dapat diatasi dengan mudah.

3.  MENGANDUNG KEGUNAAN PRAKTIS DAN PENTING UNTUK DITELITI.

Judul seharusnya mengacu pada aspek yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu dan hasilnya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

4. TERSEDIA CUKUP DATA.

Judul hendaknya memungkinkan tersedianya data yang dapat memudahkan para peneliti. 

5. HINDARI DUPLIKASI DENGAN JUDUL LAIN.

Judul tidak boleh sama dengan judul lain. Namun untuk pengembangan penelitian, sebaiknya menggunakan judul yang lebih spesifik.

6. BERISI VARIABLE YANG JELAS YANG AKAN DITELITI.

Judul hendaknya mengandung satu atau dua variable yang akan diteliti, mengingat judul merupakan bagian dari keseluruhan isi penelitian.

7.  BERUPA KALIMAT PERNYATAAN.

Judul sebaiknya menggunakan kalimat pernyataan karena akan lebih mudah dipahami oleh pembaca.

8.  JELAS, SINGKAT DAN TEPAT.

Judul sebaiknya mengandung kejelasan isi, singkat dan tepat terhadap masalah yang akan diteliti. Sehingga akan lebih memudahkan dalam memahami secara keseluruhan tentang apa yang akan diteliti.

LATAR BELAKANG

Latar belakang dalam suatu proposal penelitian merupakan pengantar informasi tentang materi keseluruhan dari penelitian yang ditulis secara sistematis dan terarah dalam kerangka logika yang memberikan justifikasi terhadap dasar pemikiran, pendekatan, metode analisis dan interpretasi untuk sampai pada tujuan dan kegunaan penelitian.

Dalam pembuatan proposal penelitian kebidanan, latar belakang harus dapat mengemukakan dengan jelas argumentasi tentang pentingnya melakukan penelitian tersebut. Selain itu juga harus dapat menjelaskan tentang : Proses Identifikasi Masalah ; Kejelasan Masalah Yang Akan Diteliti ; Derajat Pentingnya Masalah ; Bagaimana Keberadaan Masalah Hingga Saat Ini ; Apakah Masalah Tersebut Sudah Terpecahkan Atau Belum ; dan Bagaimana Solusinya.

Pada umumnya, terdapat 4 unsur pokok yang tersirat dalam perumusan latar belakang dalam rangka pengembangan gagasan / masalah, yaitu :

1.   Unsur Pentingnya Masalah.

Secara umum pentingnya sebuah masalah ini ditulis pada awal gagasan atau pemikiran pertama yang dapat mengemukakan arti pentingnya sebuah masalah dan seberapa besar masalah itu penting untuk diteliti.

2.  Unsur Skala Masalah

Unsur ini ditulis setelah mengemukakan gagasan adanya masalah dan itu penting untuk diteliti.

Selanjutnya diberikan penegasan atau penguraian tentang derajat pentingnya masalah itu untuk diteliti atau bila tidak diteliti bagaimana dampaknya.

3. Unsur Kronologis Masalah.

Merupakan unsure yang menjelaskan proses terjadinya masalah atau relevansi penelitian yang terdahulu/telah ada yang harus ditunjang dengan data empiris dari permasalahan penelitian yang akan diteliti.

4.  Unsur Solusi Masalah.

Unsure ni digunakan sebagai alternative dalam memberikan solusi atas masalah yang timbul serta alternative lain yang akan dilakukan dalam penelitian.

RUMUSAN MASALAH

Dalam menuliskan proposal penelitian kesehatan, rumusan masalah hendaknya memiliki konsekuensi terhadap relevansi maksud dan tujuan dari penelitian, kegunaan penelitian, kerangka konsep penelitian dan metode penelitian.

Selain itu harus jelas permasalahan yang ingin diteliti, kemudian diuraikan pendekatan dan konsep yang digunakan untuk menjawab masalah yang diteliti, hipotesis atau dugaan yang akan dibuktikan.

Penulisan rumusan masalah dapat berupa pernyataan masalah atau juga dapat berupa pertanyaan masalah.  

Pernyataan masalah pada umumnya merupakan hasil identifikasi masalah yang ada, berupa asumsi dasar, dan nilai yang ada dalam penelitian.

Contoh 1 :

Masih tingginya angka kematian ibu post partum di daerah X disebabkan oleh berbagai factor, diantaranya adalah status gizi, sarana dan prasarana kesehatan, budaya dan status ekonomi.

Contoh 2 :

·  Factor – factor apa sajakah yang mempengaruhi tingginya angka kematian ibu post partum di daerah X ?

· Adakah hubungan antara status ekonomi dengan tingginya angka kematian ibu post partum di daerah X ?

·  Bagaimanakah factor – factor yang berperan dalam tingginya angka kematian ibu post partum di daerah X ?

TUJUN PENELITIAN

Tujuan penelitian merupakan tindak lanjut dari masalah yang telah dirumuskan. Tujuan penelitian mencakup langkah – langkah dari penelitian yang akan dilakukan. Dalam pembuatan proposal penelitian, tujuan dapat dilakukan secara singkat seperti untuk menjajaki, menguraikan, menerapkan, mengidentifikasi, menganalisis, membuktikan atau membuat prototype.

Penulisan tujuan dapat dilakukan dalam 2 jenis, yaitu Penulisan Tujuan Umum dan Penulisan Tujuan Khusus.

Penulisan Tujuan Umum dilakukan untuk mempelajari atau menjelaskan tujuan yang hendak dicapai secara umum.

Penulisan Tujuan Khusus dilakukan sebagai langkah – langkah untuk mencapai tujuan umum.

Contoh :

Tujuan umum

Mempelajari factor – factor yang mempengaruhi tingginya angka kematian ibu post partum di daerah X.

Tujuan khusus

1.       Mengidentifikasi angka kematian ibu post partum di daerah X

2.      Mengidentifikasi status ekonomi di daerah X

3.   Mengidentifikasi pengaruh status ekonomi terhadap tingginya angka kematian ibu post  partum di daerah X.

MANFAAT PENELITIAN

Uraikan manfaat hasil penelitian secara singkat dan jelas untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi kesehatan, seni pemecahan masalah, pengembangan institusi, profesi kesehatan tertentu dan kesehatan klien.

TINJAUAN PUSTAKA

Usahakan pustaka yang digunakan adalah terbaru, relevan dan asli, selanjutnya uraikan dengan jelas kajian yang menimbulkan gagasan penelitian. Tinjauan pustaka menguraikan teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari acuan untuk selanjutnya dijadikan landasan untuk melakukan penelitian yang diusulkan. Landasan Teori memberikan uraian yang sistematik tentang teori dasar yang relevan, fakta, hasil penelitian sebelumnya, konsep atau pendekatan terbaru yang ada hubungannya dengan topik penelitian yang dilakukan. Materi-materi dalam tinjauan pustaka dapat diangkat dari berbagai sumber seperti buku-buku, jurnal penelitian, skripsi, tesis, atau disertasi yang telah dipublikasikan serta terbitan-terbitan resmi pemerintah dan lembaga-lembaga resmi lainnya. Dalam menuliskan landasan teori, peneliti harus menunjukkan kemampuan intelektualnya dalam mengidentifikasi dan mengenal informasi yang relevan, mensitesis dan mengevaluasi berdasarkan hipotesis yang akan dikembangkan dalam penelitiannya

KERANGKA TEORIKerangka Teori merupakan hasil dari proses reduksi, sintesis, ataupun abstraksi dari berbagai teori atau fakta ilmiah yang telah diuraikan dalam Landasan Teori. Kerangka Teori penelitian disajikan dalam bentuk bagan dan harus mencantumkan sumber atau referensi-referensi yang digunakan atau dipilih untuk digunakan dalam merumuskan Kerangka Teori tersebut. Langkah-langkah membuat Kerangka Teori dapat dilakukan dengan terlebih dahulu menentukan variabel-variabel yang akan diteliti, menguraikan konsep masing-masing variabel yang akan diteliti, dan mengaitkan masalah penelitian dengan konsep yang telah diuraikan secara skematis. (Link Materi terkait: Tinjauan Pustaka, Kerangka Teori & Kerangka Konsep)

KERANGKA KONSEPKerangka Konsep merupakan pemilihan terhadap aspek-aspek yang ada dalam Kerangka Teori yang berhubungan dengan masalah penelitian yang spesifik. Kerangka Konsep dibuatdalam bentuk bagan yang merupakan satu rangkaian konsep yang secara sistematis menggambarkan variabel-variabelpenelitian dan hubungan antar variabel tersebut.

HIPOTESIS/PERTANYAAN PENELITIANHipotesis dirumuskan dalam bentuk kalimat pernyataan.Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap permasalahan yang dihadapi yang dapat diuji kebenarannya berdasarkan fakta empiris dan dapat memberikan arah penelitian. Pada penulisan hipotesa, peneliti menentukan apakah akan menetapkan hipotesis nol (H0) atau hipotesis alternatif (Ha), tergantung dari prediksi peneliti terhadap hasil penelitian yang akan dilakukan. Jika penelitian yang akan dilakukan bersifat eksploratif dan menggunakan desain kualitatif, maka pada bagian ini yang dirumuskan bukan hipotesis tetapi Pertanyaan Penelitian yang akan dijawab oleh penelitian yang akan dilaksanakan.

JENIS DAN DESAIN PENELITIANPada bagian ini menjelaskan tentang jenis penelitian yang akan dilakukan yang dapat dibedakan atas penelitian kuantitatif berupa penelitian deskriptif, analitik observasional, eksperimental maupun kualitatif. Bagian ini juga menjelaskan tentang penggunaan rancangan penelitian yang disesuaikan dengan tujuan penelitian hendak dicapai serta dapat dengan tepat membuktikan kebenaran hipotesis yang telah ditegakkan.          (Link Materi terkait: Rancangan Penelitian)

POPULASI, SAMPEL dan TEKNIK SAMPLINGBagian ini memberikan penjelasan tentang batasan populasi dan batasan sampel yang menjadi subyek penelitian yang kan dilakukan. Bagian ini juga memberikan gambaran tentang teknik pengambilan sampel yang digunakan serta jumlah atau besar sampel termasuk konsep dan formula atau rumus-rumus yang digunakan dalam menentukan besar sampel. (Link Materi terkait: Populasi dan Sampel)

LOKASI & WAKTU PENELITIANYang dimaksud lokasi disini adalah tempat dimana penelitian akan dilakukan. Penetapan tempat penelitian atau lokasi penelitian ini harus disertai dengan alasan pemilihan lokasi tersebut. Sedangkan waktu penelitian yang dimaksud adalah perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk proses penelitian mulai dari persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan.

VARIABEL PENELITIANBagian ini memberikan gambaran tentang variabel-variabel yang diamati dalam penelitian yang akan dilakukan. Identifikasi terhadap variabel ini dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu Variabel Bebas (Independent Variable) dan Variabel Terikat (Dependent Variable). ==> Link materi terkait: Variabel Penelitian

Definisi Operasional VariabelDefinisi operasional yang dimaksudkan disini bukanlah definisi teoritik. Definisi operasional variabel merupakan penjelasan yang dititikberatkan pada pengertian tentang variabel yang dibuat oleh peneliti, yang dapat menjelaskan tentang bagaimana variabel itu dapat diukur dan alat ukur apa yang bisa digunakan. Oleh karena itu definisi operasional ini harusmemberikan implikasi praktis dalam proses pengumpulan data. Tidak semua variabel perlu didefinisikan secara operasional, tetapi hanya variabel-variabel yang mempunyai lebih dari satu cara pengukuran, variabel yang mempunyai cara pengukuran tersendiri yang lebih spesifik, atau variabel yang alat ukurnya perlu dibuat dan dikembangkan sendiri oleh peneliti.         (Link Materi Terkait: Definisi Operasional Variabel)

Instrumen PenelitianBagian ini menguraikan tentang instrument atau alat ukur yang digunakan dalam pengumpulan data. Instrumen yang berupa kuesioner yang belum baku, harus dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan melakukan uji coba (Try Out). Pada bagian ini perlu dijelaskan pula bagaimana uji coba tersebut dilakukan yang mencakup waktu dilakukannya uji coba, subyek yang dilibatkan dalam uji coba, cara melakukan uji coba, bagaimana analisis data hasil uji coba (pemilihan teknik Uji Validitas dan Reliabilitas) dan bagaimana hasilnya.

Prosedur Pengumpulan DataBagian ini menguraikan tentang langkah-langkah yang ditempuh dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data, serta jadwal waktu pelaksanaan pengumpulan data yang akan dilakukan.

Analisa DataPada bagian ini dapat diperoleh gambaran tentang bagaimana seorang peneliti mengubah data hasil penelitian menjadi suatu informasi yang dapat digunakan untuk menarik kesimpulan hasil penelitian tersebut. Bagian ini memberikan penjelasan tentang jenis analisis statistik yang digunakan (Univariat, Bivariat, Multivariat, Analisis Spasial, dsb). Pemilihan jenis analisa data sangat ditentukan oleh jenis data yang dikumpulkan dan tetap berorientasi pada tujuan yang hendak dicapai atau hipotesis yang hendak diuji.

Etika PenelitianPada bagian ini peneliti menguraikan langkah-langkah atau prosedur yang dilakukan dalam penelitian yang terkait dengan etika penelitian, terutama yang berkaitan dengan perlindungan terhadap subyek penelitian dan kerahasiaan data dan informasi dari responden (informed concent), termasuk perijinan untuk melaksanakan penelitian.

Hasil dan PembahasanHasil penelitian merupakan bagian utama dalam laporan penelitian yang dapat disajikan dalam bentuk teks, tabuler atau grafik dengan tujuan agar lebih jelas. Bagian ini berisi penjelasan umum tentang Bab hasil penelitian, penjelasan tentang karakteristik sampel termasuk data demografi bila diperlukan, penjelasan tentang hasil untuk setiap tujuan, pertanyaan penelitian atau hipotesis penelitian, serta memberikan jawaban untuk setiap hipotesis penelitian atau pertanyaan penelitian.

Selanjutnya pada bagian Pembahasan, peneliti memberikan penjelasan tentang makna hasil penelitiannya secara rinci yang dikaitkan dengan tujuan penelitian. Pada bagian ini, peneliti juga harus membandingkan hasil penelitian dengan hasil penelitian sebelumnya yang telah dipublikasikan, apakah kemungkinan memperkuat, berlawanan, ataukah memberikan hasil yang baru. Tiap pernyataan tersebut harus dijelaskan dan didukung oleh literatur. Isi pembahasan ini sebaiknya minimal 50% dari jumlah halaman tinjauan pustaka.

Kesimpulan dan SaranPada bagian ini penulis menarik kesimpulan hasil pembahasan penelitian secara sistematis yang berkaitan dengan upaya menjawab tujuan penelitian dan menyampaikan saran-saran yang berkaitan dengan kesimpulan penelitian yang telah dilakukan. Saran tersebut harus berkait dengan hasil penelitian yang dilakukan, dapat berupa bentuk kebijakan, upaya praktis pemecahan masalah yang dihadapi dan aspek yang dapat diteliti lebih lanjut. Saran tersebut hendaknya dibuat secara operasional sehingga bermanfaat bagi mereka yang menerima saran tersebut.

————————————————————

Atau untuk membantu memudahkan kita dalam langkah awal penyusunan Proposal Penelitian, berikut Contoh Buku Bantu yang dapat digunakan sebagai Instrumen untuk Mencatat dan Menuangkan Ide-ide kita ketika akan melakukan penelitian. Untuk itu ada baiknya Anda juga membuka link berikut: [KLIK DI SINI]

 

(To be Continued….)

SUMBER PUSTAKA:

  1. Alimul, Azis (2007). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknis Analisis Data, Jakarta, Salemba Medika.
  2. Budiarto,E. (2004). Metodologi Penelitian Kedokteran  : Sebuah Pengantar, Jakarta, EGC.
  3. Chandra. B. (2008). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. EGC
  4. Heriyanto. A., Sandjaja. (2006). Panduan Penelitian. Jakarta. Prestasi Pustaka
  5. Mardalis (2002). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta, Bumi Aksara.
  6. Nasution (2003). Metode Research. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
  7. Notoatmodjo, Soekidjo (2002). Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta, Rineka Cipta.
  8. Pratiknya, A.W. (2007).  Dasar  –  Dasar Metodologi  Penelitian  Kedokteran  dan  Kesehatan, Jakarta, Raja Grafindo Persada.
  9. Saryono. (2008).  Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta. Mitra Cendikia Press
  10. Sastroasmoro S, Ismael S (2002). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis.  Edisi ke-2. Jakarta: CV. Sagung Seto
  11. Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
About these ads

149 responses to “Cara Penyusunan Proposal Penelitian (part 1)

  1. bantu ak cari judul bwt Proposal KTI ak,
    ak mahasiswa gizi. bls ksni yaaa awienk_boenga@yahoo.com

  2. thank’s banget buat tulisannya……….

  3. tlg bantu aq buat proposal penelitianq yg jdlx pengetahuan dan sikap dukun terlatih dalam menolong pesalinan…thank be4

  4. Baik. Siap…!!!
    :)

    Sudah sampai dimana Proposalnya…? Sudah punya gambaran nanti hasilnya bagaimana..? Trus Metodologinya sudah Anda rancang seperti apa…? Dan yg tak kalah penting menurut Saya Tujuan dari Penelitian Anda nanti rumusannya gimana…?

    Pokoknya..segera dimulai saja, nggk usah nunda2 waktu, OK…!!

  5. minta batuan donk untuk nyari judul masalah untk nyusun KTI.saya bingung bgt nie…………
    tolongin y……..
    makasi

  6. Its Ok…!!! Siap…!!!

    Tapi Vera pingin meneliti tentang apa untuk KTI nya…?

  7. please tlg aq bkn proposal utk epid penyakit menular ttg HIV,thanx before y

  8. tlg bantu aq buat proposal epid penykit menular ttg HIV/AIDS,THANX BEFORE

  9. Its OK…!!!
    Thanks Ria dah mampir.
    Prinsipnya Saya senang bisa membantu, tentunya yah…sebatas pengetahuan Saya.

    But…untuk Judul/Topik tentang HIV/AIDS, Gambaran Populasi/kasus yg tersedia untuk HIV di sekitar Anda bagaimana…? Mendukung nggak….?

  10. aslkm….

    aku Syifa lgi bingung bikin judul profosal KTI Kebidanan…Mungkin Mas bisa bantu…..

    mksh mas….

  11. Salam Mbak Syifa…..
    Thanks dah mampir di Blog ini.

    Lha mbak Syifa mau penelitian yg berkaitan dengan apa…?
    Askeb I, Askeb II, Askeb III, KB, Askeb V, Kesrep, Neonatus, Balita……?

    Yang penting mana yg paling menarik dulu buat mbak Syifa.

  12. contoh kerangka konsep utk penelitian kebidanan itu seperti apa pak?tks

  13. @UmmI : Tergantung Tujuan pnltnya to….
    misal : “untuk mengetahui hubg antara Motivasi dengan Prestasi hasil belajar”, bisa aja dibuat Kr. Konsep sederhana sbb :

    Vr. Bebas Vr. Terikat

    MOTIVASI ————————-> pRESTASI HSL bELAJAR

  14. aq zhi q lg bingungne pa ya bagusnya untuk judul proposal askeb ginekologi ya mas????????????????
    makasih

  15. @ZHI : Kalo memang ngehnya buat ASKEB Saya rasa itu bagus, karena memang berkaitan langsung dengan Kompetensi Kebidanan kan…???

    Tapi mesti Spesifik niy, area Gynekologi nya apa…???

  16. aku Inda lgi bingung bikin judul profosal KTI Kebidanan nih,mwx sih tentang banyaknya mintat pengunaan KB suntik v bingung bikin pendahuluannya……
    bsa bantu ga mas..

  17. Ok…! Nggak masalah, seneng malah bisa bantu.
    Emang Judulnya apa…???

  18. kerangka konsep tuh bikin bingung

  19. @Genjhie : Sebelumnya Thanks dah mampir di Blog ini. Tentang kerangka konsep saya ada sedikit referensi (Buka dari Menu : Metodologi Research > cari Kerangka Teori dan Kerangka Konsep Penelitian) mungkin bisa membantu.

    Selamat membaca…!!!

  20. aslmkm…
    mas bisa bantu untuk pembuatan proposal KTI kebidanan???
    maaf ganggu…

  21. @PUTRI :
    Boleh…!!! Tapi sebisaku ya…!!! Emangnya rencana Judulnya apa…???

  22. ka tlong bntuin cri mslah keshtn donk..???

  23. Kepada Ropi’i

    Lho…masalah kok di cari..???
    :)

    Mau buat penelitian ya…??? Topik nya tentang apa…? Kebidanan, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat atau yang laen….???

    Thanks atas kunjungannya….Prinsipnya, Saya siap mbantu…OK….!!!

  24. ka’ tolong bantuin q cari judul yang bagus tentang studi penelitian deskriptif pada daerah wilayah pesisir dong…….

  25. Halooo…Nila…..Thanks ya dah mampir di Blog saya (http://www.adityasetyawan.wordpress.com). Emang mau neliti di daerah Pesisir ya…??? Waa…lha aku nggak pernah ke daerah pesisir tuh…? He…he…… :)

    Mungkin Saya hanya bisa memberi gambaran secara kasar aja, Gimana kalo di Survey dulu tentang Kasus Malaria atao Demam Berdarah , Diare, Penyakit kulit atau penyakit yang laen…Trus Penelitiannya mungkin bisa macam2 alternatif, misalnya :

    * Study Deskripsi tentang Angka Kejadian Penyakit X di Daerah Pesisir Pantai YYY dari tahun …. sampai dengan …….

    * Hubungan antar Karakteristik Penderita Penyakit X di daerah Pesisir Pantai YYY dengan Angka Kejadian Penyakit X…

    * Faktor – faktor yang berhubungan dengan kejadian Penyakit X di daerah pesisir pantai YYY……….

    * Gambaran Tingkat Penduduk/Ibu/Penderita Penyakit (tertentu) tentang Penyakit atau Tentang Higiene Sanitasi Lingkungan, atau tentang Gizi Balita dsb.

    * dll….

    Coba Kamu lebih spesifikkan lagi, ntar Saya siap Bantu….!!!!

    Salam Sukses….!!!!

  26. tlg bantu aku dlm pnyusunan proposasal dgn judul pengatahuan ibu post partum tentang pemberian kolostrum pada bayi baru lahir…. mohon bantuannya,makasih..

  27. @April : OK…..!!! Saya bisa Bantu dari apa niy….?

    * Bagaimana Rumusan Masalahnya..?
    * Bagaimana Rumusan Tujuannya..?
    * Bagaimana Hipotesanya…?

    Untuk ketiga hal tersebut sudah ada bayangan belom….???

  28. ass… sblumnya makash, yg ketiga diats uda ada bayangan,yg artinya bab satu br aja selesai tinggl kelanjutannya… mhon kasih pengarahan… mksh,

  29. OK…Siap….!!!
    Berarti untuk selanjutnya Bikin Kerangka Teori, Kerangka Konsep dan Rumusan Hipotesa/Pertanyaan Penelitian dong.? Sudah….?

    Dan untuk selanjutnya Silahkan nanti postingkan saja Permasalahannya apa, sebisa mungkin Saya akan bantu.

    Salam Sukses…!!!

  30. ass… makash ya mas,skrg uda mulai nyusun bab 2 ttg tinja uan pustaka.. sudah masuk dlm tinjauan umum ttg ibu post partum… apa hrus diuraikan jga smua karateristik ttg ibu post partum????,

  31. @April :
    Iya Dong…Kan Pop/Sample nya tentang ibu Post Partum..??? Tapi menurt Saya tidak perlu Banyak, hanya sekilas saja sebagai tambahan pemahaman pembaca ttg Ibu Post Partum dan membantu merumuskan Definisi Operasional nya nanti.

    Selamat Berjuang…Sukses Selalu….!!!!

  32. makash mas…. skrg uda masuk di kerangka konsep,mnta tlg pengarahannya variabel apa saja yg hrus dicantumkan sesuai dgn judul proposal saya… mhon bantuannya,

  33. Kalo melihat Judul Anda, penelitian itu sebenarnya hanya terdiri atasa Variabel Tunggal sj.

    Jawaban selengkapnya Saya upload di gmail Anda.

  34. mas…, aku minta tlg buatin judul proposal penelitian yang berhubungan dengan senam hamil, bisa ga ya mslh senam hamil jadi judul proposal? hatur nuhun pisan…..

  35. @Mbak Herlina :

    Terima kasih sudah mampir di Blog Saya.

    Saya rasa Tidak ada yg Tidak mungkin untuk diteliti, termasuk yang berhubungan dengan Senam hamil.
    Hanya saja….yang terpenting adalah sejauh mana jangkauan pemahaman kita terhadap Tujuan dari masalah yang akan kita teliti. Maksud Saya, kita harus juga punya modal untuk meneliti segala sesuatu itu, spt : Wawasan, Pengetahuan, dan ketertarikan kita terhadap sesuatu yang akan kita teliti itu.

    Dan untuk Judul Proposal yg berkaitan dengan senam hamil, mungkin Saya bisa membantu memberikan Gambaran seperti berikut ini, nanti mohon Redaksinya Anda perhalus lagi, ini hanya Pokok Pikirannya saja :
    * Study Evaluasi Pelaksanaan Senam Hamil di……..(RS, RB, Puskesmas, BPS dll)
    —> Maksudnya disini adalah Kita akan mengevaluasi bagaimana pelaksanaan senam hamil di suatu tempat layanan kesehatan ditinjau dari segi Frekuensi nya seberapa sering, Teknik nya bagaimana apakah tepat sesuai standard atau tidak, Manfaat bagi para pesertanya, Fasilitasnya dsb.

    *Persepsi Ibu Hamil Terhadap Manfaat Senam hamil di…….(RB, RS, BPS, Puskesmas dll)
    —> Disini kita ingin mencoba mengetahui persepsi ibu2 hamil tentang apakah sebenarnya senam hamil itu bermanfaat bagi mereka..? sejauh mana manfaatnya itu…? (Kalo judul ini mkn bisa menggunakan metode penelitian Kualitatif)

    *Hubungan antara keikutsertaan ibu hamil dalam senam hamil dengan proses persalinannya pada ibu – ibu hamil di…….(RB, RS, BPS, Puskesmas dll)
    —> Di sini kita nanti akan meneliti bagaimana hubungan antara ibu2 hamil yg mengikuti senam hamil dengan Proses Persalinannya (Apakah Normal/Spontan, atau Apakah Tidak Normal). Kita lihat Prosentasenya, dari sekian ibu hamil yg mengikuti senam hamil, berapa persen yang persalinannya normal/Spontan dan berapa persen yang persalinanya Tidak normal/Tidak Spontan. Sehingga dari hasil persentase ini kita dapat menyimpulkan apakah memang ada hubungan antara Senam hamil dengan Proses Persalinan.
    Jadi PROSES PERSALINAN disini di DEFINISIKAN secara OPERASIONAL sebagai Jenis Proses Persalinannya (atau apa namanya, saya kurang paham istilah kebidanannya) pokoknya hanya dibedakan antara Spontan dan Tidak Spontan.

    Mungkin 3 itu dulu, kalau ingin berbincang lebih lanjut, silahkan hubungi Saya di Semua Jejaring yg Saya punya, baik di e-mail (aditya_st12@mail.ugm.ac.id) ; FB (ddt_12id@yahoo.com atau aditya setyawan) ; Blog saya ini (http://adityasetyawan.wordpress.com) ;

  36. terima kasih. sesuai dengan apa yg kubutuhkan..

  37. trm kasih atas mskannya mas, kebetulan saya jg seorang instruktur senam hamil, saya menginginkan meneliti mslh ini karena saya melihat msh krgnya kesadaran ibu-ibu hamil dengan manfaat senam hamil, secara teori dan prakteknya InsyaAllah saya menguasai, mohon bantuannya mas kira2 yang plg cocok untuk judulnya yang mana? trm ksh….

  38. selamat malam,
    saya minta tolong buatkan judul proposal penelitian d4 bidan tentang konsep gender, kira-kira apa ya mas? saya tertarik dengan konsep gender tp blm dpt gmbran utk proposal. tugasnya utk mgg dpn
    terima kasih
    ditunggu ya

  39. Kepada Mbk Ria Yth :

    Selamat Malam juga mbak Ria.

    Sebelumnya terima kasih atas waktunya mampir di Blog Saya (http://www.adityasetyawan.wordpress.com) Saya selalu berusaha merespon semua Comment yg masuk ke Blog Saya, tetapi yah…sebelumnya Saya minta maaf mungkin saya tidak menguasai semua pengetahuan…jadi kalau ada kekurangannya mohon dimaklumi.

    Untuk judul yang Mbk Ria inginkan berkaitan dengan Gender, Saya rasa ada beberapa pilihan. Namun seperti yang Saya katakan tadi, mungkin saya orang yg kurang mendalami dan memahami tentang Gender. Namun berdasarkan pengetahuan saya ttg Gender tersebut, maka Saya mencoba mencontohkan TOPIK yg mungkin Bisa diambil sbg JUDUL PENELITIAN sbb :

    * Peran Suami terhadap :
    – Pemilihan alat kontrasepsi
    – Pemilihan tempat pertolongan
    persalinan
    – Pemilihan tempat pemeriksaan
    kehamilan

    * Hubungan Dukungan Suami dengan :
    – Penurunan Tingkat
    Kecemasan Ibu Selama
    Hamil
    – motivasi ibu dalam meberikan
    ASI Eksklusif
    – Kelancaran Proses Persalinan
    Kala II Normal
    – Kesiapan ibu hamil dalam
    menghadapi persalinan
    – angka kejadian postpartum
    blues pada ibu primipara

    Mungkin itu yang bisa saya sampaikan. terlepas dari apakah hal2 tersebut merepresentasikan ttg Gender dalam kesehatan reproduksi atau tidak….yah…Mbak Ria sendiri mungkin yang lebih tau.

    Silahkan terus berkomunikasi dengan Blog Saya dan say siap membantu sebatas kemampuan saya. Thanks.

    Salam Sukses Selalu

  40. Kepada Mbak Nina Yth :

    Untuk hal yg cocok yang mana, tergantung ketertarikan Anda saja. Kalau memang Anda ingin penelitian yg bersifat Kualitatif, ya tentunya yg PERSEPSI itu. Tapi Kalau Anda ingin Penelitian yg bersifat Kuantitatif ya sebaiknya yang HUBUNGAN antara KEIKUTSETAAN DLM SENAM HAMIL dengan PROSES PERSALINAN atau yg PENGARUH SENAM HAMIL THD PROSES PERSALINAN.

    Demikian Saya rasa pendapat saya. Selamat Berjuang dan SUKSES selalu….GBU…!!!

  41. @nandea :

    Thanks juga sudah mampir di Blog Saya. Semoga bermanfaat.

    Salam Sukses…GBU…!!!

  42. nina herlina

    Selamat pagi mas….,
    saya berterima kasih sekali karena akhirnya saya bisa memutuskan untuk mengambil judul “Persepsi bu hamil terhadap manfaat senam hamil di RS Karya Medika II Tambun”. Untuk selanjutnya nanti kiranya mas Aditya gak bosen ya kasih masukan….

  43. ok, terima kasih banyak mas aditya, saya tahu blognya dr nina.
    saya rasa saya tertarik untuk meneliti peran suami dalam pemilihan alat kontrasepsi. sampel yang diambil 20 cukup tidak mas? saya hrs buat angket?
    terima kasih, blognya sangat membantu

  44. mas, klo saya ambil judul peran suami terhadap pemilihan alat kontrasepsi, saya tidak meneliti semua jenis kontrasepsi kan? variabel yang hrs saya ambil apa saja? terima kasih

  45. @NINA : Ok…Siap….!!! Kapan aja, silahkan….!!!
    SUKSES ya….!!!

  46. @RIA :
    Baguslah kalau sudah ada Pilihan.
    Untuk Pemilihan Kontrasepsi bisa Salah SATU Jenis Kontrasepsi aja.

    Jumlah sample disesuaikan aja dengan Populasinya. Tergantung Jemis Penelitiannya juga siy, kalo mau Kualitatif..yah nggk perlu banyak2. Tapi kalo mau Kuantitaif yah dibikkin serepresentatif mungkin lah dg Populasi.

    Kalo liat Judul (Kuantitatif) Variabel yg muncul : Peran Suami (yg spt apa/apa aja..?) dan Pemilihan alat kontrasepsi (bisa Alasan, Sikap ataupun Perilaku)

    Salam Sukses…!!!

  47. nina herlina

    selamat siang mas…..
    hari ini aku sdh buat sampai BAB I, untuk tinjauan pustaka boleh gak kalo aku cuma jabarkan senam hamil itu ttg: pengertian, tujuan, manfaat, syarat dan gerakan2 nya saja, lalu aku jg bingung nch mas soal kerangka konsep…. mhn bimbingannya ya….trm ksh…

  48. @Mbak NINA Yth :

    Selamat ya, akhirnya sudah sampai Bab I. (Semangat…!!!)

    Saya rasa cukup untuk Tinjauan Pustaka ttg Senam hamilnya, namun jangan lupa juga Teori ttg Kehamilan dan Persepsinya ya…!!

    O..ya, sebelum ke Kerangka Konsep Penelitian, Mbak Nina rencana Jenis Penelitiannya Kualitatif atau Kuantutatif..?

    Untuk Kerangka Konsep : yg penting menggambarkan tentang Variabel dan Hubg antar variabel tersebut.
    Untuk penjelasan singkat silahkan baca Tulisan saya ttg Kerangka Teori dan Kerangka Konsep Penelitian.
    (http://adityasetyawan.wordpress.com/2008/10/15/tinjauan-pustaka-kerangka-teori-kerangka-konsep-penelitian/)

  49. nina herlina

    selamat siang mas…..
    Ada perubahan judul mas, aku ngobrol sm dokter di tempat kerjaku katanya coba sekalian teliti hub senam hamil dgn persalinan z, akhirnya aku ambil judul hub senam hml dgn persalinannya. berarti penelitiannya scr kuantitatif ya? variabel nya kira2 apa? trm ksh…., bisa gak pendidikan ibu dan status pekerjaan?

  50. @Nina :
    ya itu bagus malah.
    Kalo seperti itu mmg lebih tepat jenis penelitiannya Kuantitatif.

    Untuk Variabel, itu kan harus sesuai dengan Judul kamu. Kalo Judulnya ttg Hubgn. Senam hamil dengan Persalinan, maka tentunya Variabelnya adl Senam hamil dan persalinan.

    Hanya saja, perlu dirumuskan secara lengkap dulu JUDULnya, karena kadang beda 1 Kata saja sudah beda MAKNA.

    Jadi disini perlu dipahami dulu yg dimaksud PERSALINAN itu apakah LAMANYA PROSES PERSALINAN atau JENIS PERSALINAN (SPONTAN atau DENGAN TINDAKAN)

    Kalau Mbk NINA berpikiran Variabelnya berupa Pendidikan Ibu dan Status Pekerjaan (spt yg Anda maksud di atas), mungkin Judulnya Tidak hanya Sekedar Hubg Senam hamil dg Persalinan, tapi akan lebih tepat kalau :”HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK IBU HAMIL DENGAN TINGKAT KEIKUTSERTAAN SENAM HAMIL PADA IBU2 HAMIL DI RS/RSB/RS XXX”
    Disini KARAKTERISTIK itu bisa Macam2 (= Pendidikan, Umur, Paritas, Pekerjaan, Status Sosial ekonomi) Kemudian KEIKUTSERTAAN yg dimaksud PROSENTASE Ibu Hamil yg Ikut Senam hamil dari masing2 karakteristik tsb.

    Begitu yg bisa Saya tangkap dari Post Comment Nina yg terakhir.

    Salam.

    NB : BTW Nina ada alamat FB kah…?

  51. nina herlina

    Hmmmm baru mulai sedikit faham nch mas, aku rencana ambil jenis persalinannya, berarti yg bisa aku jadikan variabelnya mungkin jenis persalinannya ya mas, seperti lhr spontan, vacum ekstraksi dan Sectio caecaria,nhanya 3 jns persalinan itu z krn di tempat kerjaku tidak ada persalinan dengan forcep, gmn mas? aduh jd kshan nch mas aditya jd hrs banyak komentar…., saya tidak ada FB mas..

  52. nina herlina

    maaf lupa judul lengkapnya seperti mskan mas aditya yg kedua ” Hubungan antara keikutsertaan ibu hamil dalam senam hamil dengan proses persalinannya pada ibu-ibu hamil di RS Karya Medika II Tambun”

  53. @NINA :
    Yupz…Its OK.

    Dan yg harus dipahami nanti dari Judul itu, akan ada 2 kemungkinan :
    1). Kamu akan melihat ibu2 hamil yg ikut senam hamil itu, jenis persalinannya banyak yg mana antara semua jenis persalinan yg dijumpai di RS (dengan Prosentase)
    –> maksudnya dari ibu2 hamil yg ikut senam hamil di suatu RS, yg partus Spontan berapa % dan yg Tidak Spontan (Vaccum & SC) Berapa %

    2). Bisa saja Nina nanti membandingkan antara Ibu2 hamil yg Ikut senam hamil dan yg Tidak Ikut senam hamil, berapa % yg Partus Spontan dan berapa % yg Tidak Spontan.

    Beda antara keduanya :
    yang No. 1) : Populasinya & sample hanya Ibu2 dg Senam Hamil
    sedangkan yg No. 2) : Pop & Samplenya ada dua kelompok, yaitu ibu hamil yg ikut dan yg tidak ikut senam hamil.

    Begitu….untuk Jenis Persalinan tidak perlu semua, yg penting dapat membandingkan antara yg SPONTAN dengan Yang TIDAK SPONTAN.
    Karena sebagai Indikator kita kan yg baik yaitu yg SPONTAN kan.

    Selamat Berjuang…semoga Lancar dan Sukses.

    Maaf kalo pendapat2 Saya kurang pas. Tapi perlu Saya ingatkan, NINA Harus Selalu Konsul dengan Pembimbing dari Kampus lho ya….!!!

  54. nina herlina

    selamat sore….
    It’s OK…! Mas Aditya sudah sangat membantu, terima kasih sekali dan pastinya jgn bosen2 ya kalo saya bertanya terus…..hehe!

  55. Iya…Sama2…..Pokoknya Siap Setiap saat….!!!

  56. aq bingung lengkapi proposal sy

  57. @Ochal :
    Thanks dah mampir di Blog Saya
    Memangnya Anda akan meneliti apa..?

    Kalo berkenan, saya siap membantu, meski sebenarnya saya bukanlah orang yg ahli di bidang penelitian, tapi senang berdiskusi ttg penelitian.

    Salam Sukses..>!!

  58. fitri viegie prasandi

    mlm ka,,
    saya lg bingung nii mau ambil kasus apa bwt KTI saya,,saya sih maunya mengenai remaja,jd paling saya cma meneliti k sekolah SMA,,tp kira2 bgs.a ttg apa yaa??mengenai kesehatan ya ka,,
    thx b.4..

  59. nina herlina

    selamat siang mas aditya ktm lg di thn yg baru, mas utk proposal aku ternyata pembimbing aku inginnya ada unsur pendidikan di dalam penelitian ku krn aku kan D4 bidan pendidik ktnya bgt, tp ttp dengan point senam hamil….., gmn mas mnrt mas aditya kira2 judulnya apa dan variabel apa saja yg saya teliti. trm ksh…..

  60. @Mbk FITRI :
    Balasan ttg Komentar Anda ini, selengkapnya sudah Saya Posting di e-mail Anda. Silahkan di baca, nanti kalau ada yg perlu kita diskusikan, Saya siap membantu.

    Terima kasih,

  61. @Mbk NINA….

    Selamat Tahun Baru…Semangat Baru….!!!

    IT’s OK…Saya rasa banyak Topik yg bisa dibahas untuk hal tersebut.
    Kalo misalnya Saya mengusulkan Topik ttg MEMBANDINGKAN ANTARA 2 METODE PENYULUHAN bagaimana..?

    Misalnya gini :
    “PERBEDAAN PENGARUH PENYULUHAN TENTANG SENAM HAMIL DENGAN METODE CERAMAH DAN DEMONSTRASI PADA IBU HAMIL DI………………… ”

    Jad disini nanti kita kan membandingkan ke-efektifan kedua metode tersebut.

    Coba ditelaah lagi dan dikonsulkan lebih lanjut (Saya juga Postingkan balasan komentar Anda ini di e-mail Anda)

    Selamat berjuang…Sukses selalu…GBU…!!!

  62. selamat sore….
    mksh y mas dh d jwb aku tertrk dengan jdl diajukan, nnt utk tinjauan pustakanya berarti d bhs ttg metode ceramah, demonstrasi, senam hamil dn jg teori ttg kehamilan?
    aku jg pny jdl ” gambaran pengetahuan ibu hamil tentang senam hamil di…..” gimana mas bisa kan msk unsur pendidikannya? Nuhun…..

  63. Halo..Nina…..ketemu lagi..apa kabar..?

    Ok.. Yah…diantaranya mmg itu Tinjauan Pustakanya, krn mmg Variabelnya kan Penyuluhan dgn metode ceramah dan Demontrasi pd Ibu Hamil.

    Tapi yg Saya usulkan itu kan rumusan Judul yg masih perlu disusun ulang.

    Untuk Gambaran Pengetahuan saya rasa bisa juga sebagai judul, tapi…untuk melihat unsur pendidikannya ya…tergantung Tujuan Penelitian kita apa…? Kalau unsur pendidikan yg pingin diteliti berupa perlakuan/treatment ya belum bisa. Tapi kalo sekedar melihat latar belakang pendidikan responden ya…bisa saja.

    Silahkan, teh Nina mau Tujuan Penelitiannya seperti apa…?

    Tapi harus diperhatikan juga, judul “gambaran pengetahuan ibu hamil ttg…..” tsb, biasanya hanya Diskriptif saja, jadi ya….kurang lebih hanya untuk menyampaikan data/informasi ttg Tingkat Pengetahuan Ibu hamil saja, disuatu tempat/wilayah pada saat penelitian dilakukan tanpa menganalisa/membuktikan Hipotesa apapun.

    Demikian, selamay belajar…sukses selalu.

    Salam.

  64. sore mas….
    mas aku mnt tlg kira2 kerangka konsep utk judul hubungan keikutsertaan ibu hamil dlm senam hamil dengan proses persalinannya, aku rencananya mau membandingkan ibu hamil yg ikut senam dan yg tidak ikut senam brp % yg lhr spontan dan brp % yg lhr tidak spontan…, trm kasih…

  65. Ini berarti kan ada 2 kelompok Sample ya..? Kemudian akan dibandingkan dengan Perlakuan yang berbeda..? Wah…ini menarik sekali, bagus itu…!!

    Nah kalo memang demikian, berarti nanti gambaran design nya mkn spt ini :

    Ibu hamil —>senam hamil—-> proses persalinan

    ibu hamil —> Tdk snm Hamil—> Pros. persalinan

    dst…Kerangka Konsep saya kirim ke e-mail kamu yah…!!!

    Selamat Berjuang….Sukses selalu…!!!

  66. mas tlg sy crikan judul yang masalahnya bagus dan terkini untuk diteliti

  67. Thanks sebelumnya Mbak Rita dah mampir di Blog ini.
    Pada Prinsipnya Saya siap membantu, tapi yah…sebatas kemampuan saya tentunya.

    Trus kalo boleh tau, mBak mau meneliti masalah yg berkaitan dengan apa ya..?

    Salam,
    Dodiet Aditya S.

  68. nina herlina

    Slmt mlm mas Aditya…
    Mas.., tlg bantu aku bikin DO utk judul faktor-faktor yang berhub dgn pemanfaatan senam hamil.. variabelnya:Pemanfaatan senam hamil, umur ibu, pendidikan, gravida, pengetahuan, jarak/fasilitas, dukungan keluarga/penguat. cocok ga mas variabel yg aku sbtkn td…? mksh mas…
    ditunggu bngt lho blsannya.

  69. Yth. Sdr. Nina :

    Ok…Saya coba bantu sesuai kemampuan Saya, hanya saja tolong dicermati dan disesuaikan dengan Kebutuhan Penelitian Anda karena Saya tidak tau persisnya penelitian Anda bagaimana.

    Jadi Saya mencoba membuat DO berdasarkan Pemahaman Saya dan dengan Format Versi Saya. Dan Jawaban atas Definisi Operasional tsb, Saya kirimkan melalui e-mail Anda.

    Semoga bisa membantu,

    Salam,

  70. nina herlina

    trm ksh mas Aditya…

  71. nina herlina

    sore mas…,
    mas mnt tlg dibantu lg…hehe…
    aku mw bikin kuesioner utk judul faktor-faktor yg berhub dgn keikutsertaan ibu hamil dalam senam hamil, dgn variabel : keikutsertaan dlm senam hamil, keyakinan ibu mengenai manfaat senam hamil, pendidikan, pengalaman, pengetahuan, jarak, dan dukungan keluarga/ dukungan penguat, mohon dibantu y mas…., trm kasih…

  72. @NINA HERLINA

    Ok…Siap. Trus Saya bisa bantuin apa..? Sudah mulai disusunkah Kuesinernya…?
    Atau kirim aja ke e-mail Saya, ntar tak bantuin mBenerin.

    Selamat berjuang….Sukses selalu…!!!!

    Salam.

  73. mas minta tolong..nie aq udah nyusun bab 3,,jdulnya pengetahuan bumil mengenai resiko persalinan dan sikap bumil dalam memilih persalinan secara SC..
    untuk populasinya bgaimana??
    trus untuk “pengetahuannya sendiri tentang resiko persalinan dan hubungannya dengan sikap” bgaimana??trims…

  74. @Nabila :

    Komentar Saya tentang hal tersebut yang Anda maksud sudah Saya sampaikan melalui e-mail Anda.

    Salam Sukses,

  75. trimaksih mas, postingan informasinya telah membantuq.
    Sukses bwt anda ^,^

  76. Terima kasih dan Sukses juga buat Putri.

    Salam,

  77. met malem mas,,,, bantuin nyari judul kti kebidanan ne………………….bingung mau buat judul apa……. thanks before

  78. Ok, mbak Ayuk….sebenarnya banyak siy Topik penelitian ttg Kebidanan yang ada di sekitar kita. Misalnya dari yang biasa kita jumpai tentang Pengetahuan Ibu Hamil, Pengetahuan Ibu Menyusui, Pengetahuan Ibu Nifas, Karakteristik Akseptor KB Implant, Karakteristik Ibu dengan Balita Gizi Kurang, Hubungan karakteristik ibu dengan kejadian BBLR, Faktor2 yg berhubungan dengan kejadian BBLR, Faktor2 yg berhubungan dengan Rendahnya Satus Gizi Balita…dan sebagainya.

    Nah…kira2 Topik apa yang mbak Ayuk Minati…? Karena Minat ini sangat mempengaruhi kelancaran Penelitian yang akan Anda lakukan. Mulailah dari Minat ini dulu, jangan hanya ikut2an orang lain atau disuruh orang lain, melainkan benar2 Minat dari diri sendiri. Apapun Topiknya, pasti bisa kita teliti…!!!

    So…nggak perlu bingung, tetapkan pilihan dan kita siap membantu.

    Salam Sukses,

  79. Exelence friend. Good job

  80. bagus banget infonya, sangat membantu….

  81. @Bu Sih : Thanks…semoga bermanfaat.

  82. assalamualaikum…
    tolong bantu aku dong ka,,,
    bikin proposal kti
    aq bingung bnt nih

  83. @Ratna :

    OK….trus Topik apa yg kira2 menarik bagi Ratna..?

  84. lasmida nababan

    salam kenal pa ak mahasiswa kebidanan mo nyusu proposal mohon bantuanya

  85. @Lasmida : Salam kenal juga dan selamat datang di Blog Saya. Baiklah…..apa yg bisa Saya bantu…???

  86. pak dodit,,sya Resmi dr klaten,,mau tanya
    kalo mnurut bpk,,lebih baik sy mengambil judul tentang pendidikan nopo pelayanan pak..???/ terus terang sy masih bingung

  87. oh ya pak…..sya mhswa d4 bidan pendidik

  88. @CITRA :

    Sebenarnya keduanya sama baiknya, Pelayanan Ok, Kependidikan juga OK.
    Namun untuk Pelayanan kan sudah pernah dicoba waktu D-III, dan kebetulan sekarang Citra di D-IV Pendidik, sebenarnya akan lebih mantap kalau mengambil Topik Kependidikan, ATAU memungkinkan juga Kedua Aspek bisa dalam 1 Topik, maksudnya ada unsur Kependidikannya dan Pelayanan Kebidanan di Masyarakat/Klien. Kan ada tuh kegiatan pelayanan yang melibatkan metode kependidikan, seperti misalnya Kelas Ibu Hamil, Pelatihan Kader ttg Manajemen/Penatalaksanaan BBLR/ Balita Sakit, dsb.

    Tapi….terlepas dari semua itu, ada hal (Subyektif…siy…) yang tidak bisa diabaikan ketika akan memulai suatu penelitian adalah KETERTARIKAN thd suatu Masalah/Topik.

    So…..silahkan sambil baca2 referensi/literature sambil mendengarkan suara hati, kira2 tertarik pada masalah/topik apa..?

    Dan…jangan ragu untuk mencoba, tetap semangat…!!!!

    Salam.

  89. sipp………….luar biasa……….pak dodiet…………..

  90. @B. Aniek : U too…semoga bermanfaat…!!!

  91. hello mas adit salam kenal…
    sy amy..jurusan epidemiologi, mas bisa minta bantuan gak? sy lg nyari judul skripsi?bisa mas bantu nyarikan judul skripsi?

  92. hello mas adit,salam kenal
    sy amy..jurusan epidemiologi,mas bisa minta bantuan gak?sy lg nyari judul skripsi,bisa mas nyarikan judul skripsi?terimah kasih

  93. @AMY :
    Salam kenal juga mbak Amy, terima kasih sudah mampir.
    Tentang judul2 Penelitian, sebagai referensi Saya bisa memberikan link database yang khusus untuk searching artikel2 Jurnal, seperti :
    PUBMED :
    http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/

    PORTAL GARUDA :
    http://garuda.dikti.go.id/

    Silahkan dicoba, saya yakin banyak referensi artikel penelitian yang bisa menginspirasi kita untuk melakukan penelitian.
    Selanjutnya apabila ada hal2 terkait yg bisa kita diskusikan, saya siap membantu.

    Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

    Salam sukses,

  94. hello mas adit salam kenal ….
    saya mw cerita ne….
    saya ita, jurusan kebidanan, mas bisa minta tolong bantuannya g??
    saya kan udh smt akhir jdnya dpt tugas membuat KTI….
    nah saya itu pengennya penelitiannya dgn kualitatif…..
    nah saya kemarin sdh mengajukan judul KTI saya ke dosen…judulny “Dampak kesehatan reproduksi remaja putri pada kehidupan anak jalanan”….trus dosen saya udh setuju tuh dgn judul yg saya ajukan….tapi beliau berpesan, kesehatan reproduksi itu kan materinya banyak, nah saya diminta untuk memilih sub yg saya ambil itu nantinya apa….gtu….
    nah skrg sy tb” ngeblank mw ambil sub yg cocok tentang kehidupan anak jalanan apa y mas???
    sapa tw mas punya usulan gtu buat saya….n usulan judul yg pas gtu atau cocok gtu….jdnya nanti tu bisa kliatan dari judulnya…. klo judul ini menggunakan penelitian kualitatif….mw g mas…bantuin saya….pliiiss
    mohon bantuannya n usulannya y mas….
    terimakasih….

  95. @ITA :

    Salam kenal juga, dan terima kasih sdh mampir di Blog sederhana ini.
    Memang benar, Ruang Lingkup Kesehatan Reproduksi sangat luas, oleh karena itu perlu difokuskan pada salah satu topik saja bila akan melakukan penelitian untuk masalah tersebut. Misalnya : Tentang SADARI, Pre-Menstrual Syndrome, Aborsi, Hubungan Sex diluar nikah (Sex Dini, Free Sex), atau yang terkait dengan Hygiene pada alat reproduksi.

    Untuk selanjutnya, silahkan nanti kalu mau berdiskusi dengan saya, saya siap bantu kok.

    O..ya, untuk komentar saya, selain disini, saya juga kirimkan ke e-mail Anda.

    Terima kasih….semoga sukses….!!!

    Salam,

  96. Assalamualaikum, kak adit….
    tolong bantu sy dunk….
    sy masih benar2 bingung nich, mau ambil masalah apa tentang Proposal sy……

  97. @MONA :
    Halloo..Mona, apa kabar..? Salam Kenal dan terima kasih sudah mapir di Blog sederhana ini.
    Kalau boleh tau, Mona Kuliahnya di Jurusan apa ya…? Apakah Kebidanan Juga…? atau Jurusan Kesehatan yang lain..?
    Begini….supaya nggak bingung, Saya ada referensi buat baca2/Eksplorasi Artikel-artikel hasil penelitian pada Jurnal2 Internasional maupun Nasional. Saya yakin, kalau Mona mau membaca/Browsing ke alamat link yang akan saya berikan berikut ini, pasti akan ada inspirasi/gambaran tentang topik2 Penelitian. Silahkan kunjungi alamat berikut :
    > PUBMED (Database untuk Artikel Jurnal Internasional) dengan alamat :http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/
    > PORTAL GARUDA DIKTI (Database untuk artikel Jurnal Domestik) dengan alamat :http://garuda.dikti.go.id/

    Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan bila ada yang bisa kita diskusikan bersama, saya siap membantu semampu saya.

    O…ya, Komentar Saya ini juga Saya kirimkan ke e-mail Anda.

    Sekali lagi terima kasih…selamat berjuang..semoga sukses.

    Salam,

  98. dosenku satu ini emang T….O… P…. B… G… T…. semoga sukses pak dodit!!!

  99. @TIA :

    Hai…hai…hai…apa kabar Bu Dosen….??? Wah…Bu Dosen Muda ini jg smkn Mantap dan Luaarrr Biasa saja…..!!!!

    Ok…makin sukses…dan tetap semangat yah…..!!! GBU….!!!

    Salam,

  100. siang pak
    pak saya mau buat proposal pak yang topiknya tentang manajemenkesehatan
    sy bingun mau ambil judul apa pak
    trimakasi pak…….

  101. @FINA

    Terima kasih sdh mampir.

    Supaya nggak bingung, Saya ada referensi buat baca2/Eksplorasi Artikel-artikel hasil penelitian pada Jurnal2 Internasional maupun Nasional. Saya yakin, kalau Fina mau membaca/Browsing ke alamat link yang akan saya berikan berikut ini, pasti akan ada inspirasi/gambaran tentang topik2 Penelitian. Silahkan kunjungi alamat berikut :
    > PUBMED (Database untuk Artikel Jurnal Internasional) dengan alamat :http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/
    > PORTAL GARUDA DIKTI (Database untuk artikel Jurnal Domestik) dengan alamat :http://garuda.dikti.go.id/

    Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan bila ada yang bisa kita diskusikan bersama, saya siap membantu semampu saya.

    Tetap semangat….!!!

    Salam,

  102. iya pak trimakasi banyak …..

  103. baguss bangett ..
    sederhana tapi bermanfaat bangett ..
    sukses teruss .. :)

  104. maaf nii pak ganggu, boleh minta bantuan ga ??
    saya mau ngambil proposal judulnya imunisasi Tetanus Toxoid ..
    kira2 bagaimana yaa ??
    mohon bantuannya .. :)

  105. ditunggu balesannya lewat email aja yaa ..
    habibatussaadah@yahoo.co.id
    sebelumnya terima kasih banyak pak ..

  106. aslkm….

    aku dinda lgi bingung bikin judul profosal KTI Kebidanan…Mungkin mas bisa bantu…..

    mksh..….

  107. @HABIBAH :

    OK, sdh Saya balas, silahkan cek di e-mail Anda.
    TK.

  108. @DINDA :
    Saya ada Database untuk penelusuran literature ilmiah terkait hasil-hasil penelitian baik Domestik maupun Internasional yang akan sangat membantu memberikan inspirasi dan informasi ttg topik2 penelitian Anda. Silahkan buka Link berikut ini :

    PubMed : http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed
    Portal Garuda : http://garuda.dikti.go.id/

    Selamat mencoba, semoga sukses.

    NB : Untuk diskusi, juga bisa di FB atau e-mail saya : ddt_12id@yahoo.com

    Salam,

  109. malam pak ..
    maaf banget pak sebelumnya, email saya tenyata tidak bisa dibuka, mohon diulangi penjelasannya pak ..
    terima kasih banyak, maaf merepotkan pak ..

  110. @Habibah :
    OK..Saya kirim di Inbox FB Anda ya…!!!

  111. Malam pak,,,,
    bisa bantu saya buat contoh kerangka teori dan kerangka konsep tentang KTI yg berjudul hubungan pengetahuan dan sikap remaja terhadap infeksi menular seksual,,,mohon kirim lewat email ya pak,,
    terimakasih,,,

  112. @Mas Andie :
    Terima kasih sdh mampir, maaf agak telat membalasnya.
    OK..sebagai gambaran ttg kerangka Teori dan Konsep Saya akan kirimkan di-email Anda.

    Salam,

  113. Salam kenal mas… tlg bantu sy ya mas, kti dg jdl faktor2 yg mempengaruhi kunjungan bufas risti di rs x. data apa yg hrs sy persiapkan jg rumusan mslh,tujuan,hipotesanya. sblnya tk byk…

  114. Salam kenal jg sdr. Ummi.

    Untuk Data apa saja yg harus dikumpulkan,mestinya disesuaikan saja dengan Variabel dari Faktor2 yg mempengaruhi kunjungan bufas risti itu apa saja..?
    Kmdn rumusan masalahnya kurang lebih bisa menggambarkan apakah menurut peneliti ada faktor2 yg mempengaruhi kunjungan bufas risti ATAU faktor2 apa saja yng scr signifikan mempengaruhi kunjungan bufas risti di suatu RS.
    Kalo Tujuan, ya tinggal kita rumuskan saja berdasarkan Variabel2 yg akan kita teliti, misalnya : Untuk mengetahui pengaruh X terhadap kunjungan bufas risti di…. ; Untuk mengetahui pengaruh Y terhadap kunjungan bufas risti di… ; Untuk mengetahui pengaruh Z thd…dst ; Kemudian bisa juga dilanjutkan sampai pada Mengetahui Faktor mana yang paling berpengaruh thd kunjungan bufas ristintersebut.
    Hipotesa tinggal mengacu pada Tujuan yg sdh ditetapkan.

    Kira2 begitu menurt Saya gambaran sederhananya.Untuk selanjutnya silahkan kalau ingin didiskusikan lagi, Saya siap membantu. Sebagai referensi,coba baca2 di Porta Garuda Dikti atau Link berikut : http://garuda.dikti.go.id/jurnal/proses?q=faktor-faktor+yang+mermpengaruhi+kunjungan+ibu+nifas&tmp=

    Bisa juga mll FB saya : http://www.facebook.com/aditya.setyawan.188?ref=tn_tnmn

    Salam,

  115. Trims ya mas atas responnya…saat ini lg kesulitan cari definisi nifas risti. untuk sarannya ni dlm penyusunan. smoga bs gol…heee

  116. @UmmI :
    Siiip….!!! Selamat berjuang dan sukses selalu….tetap Semangat…!!!!

  117. urutan buat bab 1 yg baik bgmn to pak… kok mental terus, bkn putus asa sih pak….penasaran… mksh..ditunggu…cito !!!! heee

  118. @UMMI :
    Ya garis besarnya Bab I ya cuma sbb :

    BAB I PENDAHULUAN
    A.Latar Belakang Masalah
    B.Rumusan Masalah
    C.Tujuan Penelitian
    D.Manfaat Penelitian
    E.Keaslian Penelitian

  119. siang pak…
    bisa bntu sy gk pak,, sy pngennya buat kti ttg mslh remja smp atw sma tp msh bingung. mohon sarannya ya pak…
    trma ksh.

  120. @Shirly :
    Untuk Karya Ilmiah ttg Remaja, biasanya yg sering dilakukan adalah yg terkait dengan Kesehatan Reproduksi dan Perilaku Seks dan tentunya masih banyak topik2 yg lain.
    Anda pilih dulu saja Topik apa yg paling menarik bagi Anda. Kemudian untuk Variabel-variabelnya bisa ditentukan kemudian,misalnya dihubungkan dengan Tingkat Pengetahuan, Pendidikan, Sikap, Perilaku, Dukungan Orang Tua, atau Peran Orang Tua dansebagainya.

    Begitu sementara, bagaimana menurut Anda..?

    O..ya, Saya juga sampaikan tanggapan ini ke e-mail Anda.

    Salam,

  121. trimaksih untuk tulisannya… :-)

  122. @Yohana : Sama-sama, terima kasih juga atas kunjungannya. Semoga bermanfaat.

  123. selamat pagi,,
    saya minta tolong buatkan judul proposal penelitian D3 kebidanan tentang diet seimbang kira-kira apa ya pak? saya tertarik dengan diet seimbang tapi belum dapet gambaran proposal, tugasnya buat besok!
    terima kasih, di tunggu ya pak

  124. selamat pagi
    sya mnta tlng buatkhan judul proposal penelitian D3 bidan tentang kanker payudara, kira-kira apa y mas ? saya tertarik dengan kanker payudara tapi belum dapet gambaran proposal, tugasnya buat sabtu ini ?
    terima kasi, di tunggu y mas

  125. selamat pagi,,
    saya minta tolong buatkan judul proposal penelitian D3 bidan tentang diet seimbang, kira_kira apa ya pak ? saya tertarik dengan diet seimbang tapi belum dapet gambaran proposal, tugasnya buat sabtu ini.
    terima kasih,,ditunggu ya pakk

  126. @Dina Gusti dan Irma Turmaya :

    Sebenarnya banyak siy sekarang referensi ttg Judul2 Penelitian yg dapat kita akses di internet. Misalnya yg terkait dengan Ketertarikan Anda tersebut :

    “Perilaku Komsumsi Gizi Seimbang dan Status Gizi Pada Remaja di………….”

    “Hubungan Tingkat Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang Kanker Payudara Dengan Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri Di……”

    Dan untukmendapatkan Referensi yg lebih banyak, Saya sarankan untuk browsing di alamat Database berikut :

    http://garuda.dikti.go.id/

    http://scholar.google.co.id/

    http://www.ncbi.nlm.nih.gov/

    Semoga bermanfaat.

    Salam.
    ddt_12id@yahoo.com (FB)

  127. selamat malam, mas tolong saya dibantu sedang menyusun proposal penelitian. apakah judul saya ini kira2 sdh pas atau belum? dan kira2 yg bagus untuk diteliti
    1. hubungan peran bidan dalam memberikan asuhan kebidanan pada ibu bersalin dengan kejadian hpp
    2. peran suami thd pemilihan alkon iud pasca plasenta pada ibu bersalin di…
    3. pengaruh program jampersal tehadap peingkatan cakupan rujukan ibu hamil resti di rs…
    terima kasih sebelumnya

  128. @Yuni
    Yth Mbka Yuni, Saya rasa judul2 itu menarik untuk diteliti dan tentu akan semakin menarik bila setelah diteliti nanti kita bisa menemukan solusi, BUKAN sekedar mengidentifikasi atau mencari masalah. Karena sudah banyak sekali masalah di dunia kesehatan kita.
    Trus untuk menambah referensi hasil2 penelitian, silahkan kunjungi Portal Garuda Dikti berikut : http://garuda.dikti.go.id/

    Selamat berjuang…smg Sukses…!!!
    Salam,

  129. pagi mas, dosen pembimbing menyarankan saya untuk mengambil judul penelitian ttg hubungan kepatuhan bidan dalam melakukan rujukan “BAKSOKU” dengan kejadian kelainan pada ibu bersalin di rs…tolong saya dibantu untuk membuat kerangka konseptual dan menentukan metode penelitian yg cocok mas. terus berapa sampel yg kira2 sy butuhkan dan cara pengambilan sampelnya. terimakasih banyak atas bantuannnya. tlg dibalas di email aja ya mas

  130. @Yuni:
    Baiklaaahhh…Saya sudah balas di e-mail.
    Semoga bermanfaat dan…selamat berjuang,semoga sukses…!!!!

  131. siang mas adit, aq moe mintak tolong donk,,,
    kiremin latar belakang tentang senam hamil donk,,,

  132. @Rachma Yth :
    Terima kasih sudah mampir di blog Saya.
    Sebelumnya Saya mohon maaf, untuk Latar Belakang ttg Senam Hamil tentunya Saya belum bisa bantu memberikan karena untuk membuat Latar Belakang mesti tahu dulu ttg Masalah/Topik Penelitiannya.Kalau Referensi ttg Konsep/Teori Senam Hamil mkn banyak. BUT untuk buat Latar Belaknag mesti kita paham ttg Permasalahan dan tentu juga Tujuannya. Begitu.

    Salam,

  133. Ika Dekresano

    mksh kk bwt share cara penulisan proposal….
    Bsa bantu saya cari jdul proposal…???
    Saya mahasiswa FKM jurusan Kesehatan Lingkungan dan kshatan kerja… Balasnya k ee_khadekresano@yahoo.com yach kk…
    Mksh sblmnya k’… :)

  134. @Ika Dekresano:
    OK, sdh Sy balas di e-mail. Terima kasih sudah mampir di Blog Saya.
    Semoga bermanfaat.

    Salam,

  135. mas mungkin g bs mlihat senyum sy sbg awal permintaan persahabatan,tp tulisan anda ini sgt mnarik untuk dibaca lbih lnjut,,ga2san hebat n sangat brmanfaat,sy lg pusing mo buat proposal..hehe mau mnt jd shbt at mnta tlg????? Help me dooonk..

  136. @FITRIANI:
    Terima kasih sdh mampir di Blog sederhana ini.
    Permintaan Persahabatan DITERIMA :)
    Mari kita diskusi sama2.

  137. maaf mas, saya perlu dibantu lagi nih. judul skripsiku khan hubungan kepatuhan bidan dalam rujukan BAKSOKU terhadap proses persalinan. sy msh bingung untuk pengolahan datanya terutama masalah pemberian skor. kalau patuh sy beri skor 1, kalau tidak patuh sy skor 0. sedang untuk proses persalinan bila lahir spontan sy skor 0 jika dgn tindakan sc dll sy skor 1. gmn mas apa sdh bener apa kebalik? untuk ujinya sy pakai chisquare. gmn mas? makasih jawabannya tlg dibales di email saya saja ya

  138. @Sdr. Yuni.
    OK…sdh Saya jawab di e-mail.

    Semoga bermanfaat.
    Salam.

  139. Pak bisakah saya minta contoh judul Proposal sarjana Keperawatan ..?

    Thanks

    Salam
    Donny

  140. Kpd Yth Sdr.Donny,
    Topiknya apa ya yang panjenengan kehendaki..? Atau Saya kasih Linknya saja untuk mencari referensi hasilpenelitian di Bidang Keperawatan ya..? Coba buka link berikut ini : http://www.garuda.dikti.go.id/

    Semoga bermanfaat, terima kasih.

  141. saya mahasiswa STIK IJ Palu jurusan Epidemiologi Kesehatan masy tolong kasih ide donk untuk judul proposalx

  142. @dita:
    Untuk Topik2 Penelitian silahkan buka link Garuda Dikti (diatas) dan Pubmed. Disitu pasti banyak sekali hasil2 penelitian yang bisa menginspirasi Anda.
    ——————————-
    Sekedar contoh saja untuk penelitian Epidemiologi, mengapa tidak dicoba saja penelitian untuk Menganalisis Faktor2 Resiko Penyakit DBD, TBC, Diare atau penyakit2 menular lainnya.
    atau mungkin menganalisis Faktor2 yang berhubungan dengan kematian ibu di suatu wilayah, dsb.

    Selamat belajar.

    Salam,

  143. Bantu aq cari judul yg bagus
    tuk skripsiqu..!!!

  144. mas, bisa bantuin saya cari masalah tentang kesehatan gigi gak??? saya pusing nih…

  145. Ehmm…topiknya tentang apa ya…? Atau buat nambah referensi, Coba telusuri di link berikut: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/

  146. ass… mas boleh minta bantuanx,,,,
    kira-kira judul apa yang bagus diambil untuk fakultas kesehatan masyarakat jurusan epidemiologi..mohon bantuan-nya

  147. Yth:
    dita
    (ditasasmita77@yahoo.co.id)

    Untuk Judul Penelitian di Lingkup Epidemiologi, bagaimana kalau melakukan Analisis Faktor-faktor Resiko suatu penyakit tapi nanti desainnya Case Control dan Analisisnya sampai ke Multivariat..? Jadi tujuannya untuk mengetahui sebenarnya Faktor Resiko apa yg paling dominan thd penyakit tersebut.
    ————-
    Tentang penyakitnya atau kasusnya mungkin…lebih menarik kalau kasus-kasus/penyakit-penyakit menular atau penyakit-penyakit yg berbasis lingkungan.
    Seperti: DB, TBC, Leptospirosis, ISPA, Diare..dsb.
    ————-
    Atau mungkin juga tidak berhubungan dng penyakit secara langsung, tapi terkait dengan Faktor-faktor Resiko yg menyebabkan tingginya angka kematian atau kesakitan.
    Misalnya: Analisis thdp Faktor2 Resiko Kematian Ibu/Anak/Bayi/Balita di suatu wilayah, dsb.
    ————–
    Mungkin itu dulu sedikit wacana dari saya nanti bs kita sambung lagi, dan untuk nambahi referensi coba cari2 Topik yg lebih menarik di PubMed ini: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed
    —————
    Selamat meneliti, semoga sukses.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s