PENGANTAR EPIDEMIOLOGI (MS.WORD version)


EPIDEMIOLOGI dan APLIKASINYA DALAM KEBIDANAN

 A. PENGANTAR

Untuk dapat memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan, mencegah dan mengobati penyakit serta  memulihkan kesehatan masyarakat perlu disediakan dan diselenggarakan Pelayanan Kesehatan Masyarakat ( Public Health Service ) yang sebaik – baiknya. Oleh karena itu pelayanan kesehatan masyarakat yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan ( Health Needs ) dari masyarakat. Namun dalam praktek sehari – hari ternyata tidaklah mudah untuk menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan kesehatan masyarakat yang maksimal. Masalah pokok yang dihadapi adalah sulitnya merumuskan kebutuhan kesehatan yang ada dalam masyarakat karena pola kehidupan masyarakat yang beraneka ragam sehingga mengakibatkan kebutuhan kesehatan yang ditemukan juga beraneka ragam. Untuk mengatasinya, telah diperoleh semacam kesepakatan bahwa perumusan kebutuhan kesehatan dapat dilakukan jika diketahui masalah kesehatan yang ada di masyarakat. Misalnya ; apabila dalam suatu masyarakat banyak ditemukan masalah kesehatan berupa penyakit menular ( TBC ), maka pelayanan kesehatan yang disediakan akan lebih diarahkan kepada upaya untuk mengatasi masalah penyakit menular tersebut. Apabila hal ini kemudian dikaitkan dengan upaya untuk mengetahui Frekwensi, Penyebaran dan Faktor – factor yang mempengaruhi suatu masalah kesehatan dalam masyarakat, maka tercakup dalam suatu cabang Ilmu Khusus yang disebut dengan Epidemiologi. Dan Epidemiologi ini merupakan inti dari Ilmu Kesehatan Masyarakat. ( Gordis, 2000 ).

Adapun penggunaan / aplikasi epidemiologi dalam pelayanan kesehatan khususnya kebidanan salah satunya adalah dalam penentuan abnormalitas; Misalnya : menentukan batas seseorang dapat disebut sakit atau mempunyai masalah kesehatan seperti : pada tekanan darah berapakah seorang ibu hamil dapat dikatakan menderita hipertensi ….?, pada kadar Hb berapakah seorang ibu hamil dikatakan anemia dan bagaimana pengaruhnya terhadap janin, apa penyebab dan factor resikonya ….? Dan sebagainya. Jawaban dari pertanyaan – pertanyaan tersebut dapat diketemukan dengan pendekatan epidemiologis. Dengan demikian, secara umum dapat disebutkan beberapa kemungkinan aplikasi epidemiologi dalam kebidanan yakni :
a.Untuk membantu menentukan keadaan abnormalitas / penyakit
b.Untuk membantu menetapkan akurasi diagnosis
c.Untuk mengetahui riwayat penyakit
d.Untuk mencari efektifitas suatu tindakan dalam asuhan kebidanan
e.Dipergunakan untuk mencari bentuk – bentuk upaya pencegahan
   terhadap suatu penyakit/masalah kesehatan  khususnya yang berkaitan
  dengan kebidanan.

B.BATASAN & PENGERTIAN EPIDEMIOLOGI

 Jika ditinjau dari asal kata ( Bahasa Yunani ) Epidemiologi berarti Ilmu yang mempelajari tentang penduduk { EPI = pada/tentang ; DEMOS = penduduk ; LOGOS = ilmu }. Sedangkan dalam pengertian modern pada saat ini EPIDEMIOLOGI adalah :

Ilmu yang mempelajari tentang Frekwensi dan Distribusi (Penyebaran) masalah kesehatan pada sekelompok orang/masyarakat serta Determinannya (Faktor – factor yang Mempengaruhinya).

 Dari definisi tersebut di atas, dapat dilihat bahwa dalam pengertian epidemiologi terdapat 3 hal Pokok yaitu :

1.Frekwensi masalah kesehatan

Frekwensi yang dimaksudkan disini menunjuk pada besarnya masalah kesehatan yang terdapat pada sekelompok manusia/masyarakat. Untuk dapat mengetahui frekwensi suatu masalah kesehatan dengan tepat, ada 2 hal yang harus dilakukan yaitu :
a.Menemukan masalah kesehatan yang dimaksud.
b.Melakukan pengukuran atas masalah kesehatan yang ditemukan tersebut.

2.Distribusi ( Penyebaran ) masalah kesehatan.

Yang dimaksud dengan Penyebaran / Distribusi masalah kesehatan disini adalah menunjuk kepada pengelompokan masalah kesehatan menurut suatu keadaan tertentu. Keadaan tertentu yang dimaksudkan dalam epidemiologi adalah :
a.Menurut Ciri – ciri Manusia ( MAN )
b.Menurut Tempat ( PLACE )
c.Menurut Waktu ( TIME )

 3.Determinan ( Faktor – factor yang mempengaruhi )

Yang dimaksud disini adalah menunjuk kepada factor penyebab dari suatu penyakit / masalah kesehatan baik yang menjelaskan Frekwensi, penyebaran ataupun yang menerangkan penyebab munculnya masalah kesehatan itu sendiri. Dalam hal ini ada 3 langkah yang lazim dilakukan yaitu :
a.Merumuskan Hipotesa tentang penyebab yang dimaksud.
b.Melakukan pengujian terhadap rumusan Hipotesa yang telah disusun.
c.Menarik kesimpulan.

 Adapun definisi Epidemiologi menurut CDC 2002, Last 2001, Gordis 2000 menyatakan bahwa EPIDEMIOLOGI adalah : “ Studi yang mempelajari Distribusi dan Determinan penyakit dan keadaan kesehatan pada populasi serta penerapannya untuk pengendalian masalah – masalah kesehatan “. Dari pengertian ini, jelas bahwa Epidemiologi adalah suatu Studi ; dan Studi itu adalah Riset. Kemudian apakah Riset itu…..?? Menurut Leedy (1974), Riset adalah “ a systematic quest for undiscovered truth”. ( Artinya : Pencarian sistematis terhadap kebenaran yang belum terungkap ).

 4 ( Empat ) Tujuan Epidemiologi ( Risser dan Risser 2002, Gordis 2000, Gerstman 1998, Kleinbaum et.al. 1982 adalah :

1.Mendeskripsikan Distribusi, kecenderungan dan riwayat alamiah suatu penyakit
   atau keadaan kesehatan populasi.
2.Menjelaskan etiologi penyakit.
3.Meramalkan kecadian penyakit.
4.Mengendalikan distribusi penyakit dan masalah kesehatan populasi.

 Sebagai ilmu yang selalu berkembang, Epidemiologi senantiasa mengalami perkembangan pengertian dan karena itu pula mengalami modifikasi dalam batasan/definisinya. Beberapa definisi telah dikemukakan oleh para pakar epidemiologi, beberapa diantaranya adalah :

1.Wade Hampton Frost ( 1972 )

Mendefinisikan Epidemiologi sebagai Suatu pengetahuan tentang fenomena massal ( Mass Phenomen ) penyakit infeksi atau sebagai riwayat alamiah ( Natural History ) penyakit menular.

Di sini tampak bahwa pada waktu itu perhatian epidemiologi hanya ditujukan kepada masalah penyakit infeksi yang terjadi/mengenai masyarakat/massa.

 2.Greenwood ( 1934 )

Mengatakan bahwa Epidemiologi mempelajari tentang penyakit dan segala macam kejadian yang mengenai kelompok ( herd ) penduduk.

Kelebihannya adalah adanya penekanan pada Kelompok Penduduk yang mengarah kepada Distribusi suatu penyakit.

 3.Brian Mac Mahon ( 1970 )

Epidemiology is the study of the distribution and determinants of disease frequency in man. Epidemiologi adalah Studi tentang penyebaran dan penyebab frekwensi penyakit pada manusia dan mengapa terjadi distribusi semacam itu. Di sini sudah mulai menentukan Distribusi Penyakit dan mencari Penyebab terjadinya Distribusi dari suatu penyakit.

 4.Gary D. Friedman ( 1974 )

Epidemiology is the study of disease occurance in human populations.

 5.Anders Ahlbom & Staffan Norel ( 1989 )

Epidemiologi adalah Ilmu Pengetahuan mengenai terjadinya penyakit pada populasi manusia.

 6.Abdel R. Omran ( 1974 )

Epidemiologi adalah suatu ilmu mengenai terjadinya dan distribusi keadaan kesehatan, penyakit dan perubahan pada penduduk, begitu juga determinannya serta akibat – akibat yang terjadi pada kelompok penduduk.

 7.Barbara Valanis

Epidemiology is term derived from the greek languang ( epid = upon ; demos = people ; logos = science ).

 8.Elizabeth Barrett

Epidemiology is study of the distribution and causes of diseases.

 9.Hirsch ( 1883 )

Epidemiologi adalah suatu gambaran kejadian, penyebaran dari jenis – jenis penyakit pada manusia pada saat tertentu di berbagai tempat di bumi dan mengkaitkan dengan kondisi eksternal.

 10.Judith S. Mausner ; Anita K. Bahn

Epidemiology is concerned with the extend and types of illness and injuries in groups of people and with the factors which influence their distribution.

 11.Last ( 1988 )

Epidemiology is study of the distribution and determinants of health – related states or events in specified population and the application of this study to control of problems.

 12.Lewis H. Rohf ; Beatrice J. Selwyn

Epidemiology is the description and explanation of the differences in accurence of events of medical concern in subgroup of population, where the population has been subdivided according to some characteristic believed to influence of the event.

 13.Lilienfeld ( 1977 )

Epidemiologi adalah suatu metode pemikiran tentang penyakit yang berkaitan dengan penilaian biologis dan berasal dari pengamatan suatu tingkat kesehatan populasi.

14.Moris ( 1964 )

Epidemiologi adalah suatu pengetahuan tentang sehat dan sakit dari suatu penduduk.

15.Robert H. Fletcher ( 1991 )

Epidemiologi adalah disiplin riset yang membahas tentang distribusi dan determinan penyakit dalam populasi.

  C.KEGUNAAN / MANFAAT EPIDEMIOLOGI

 Apabila Epidemiologi dapat dipahami dan diterapkan dengan baik, akan diperoleh berbagai manfaat yang jika disederhanakan adalah sebagai berikut :

 1.Membantu Pekerjaan Administrasi Kesehatan.

Yaitu membantu pekerjaan dalam Perencanaan ( Planning ) dari pelayanan kesehatan, Pemantauan ( Monitoring ) dan Penilaian ( Evaluation ) suatu upaya kesehatan.

Data yang diperoleh dari pekerjaan epidemiologi akan dapat dimanfaatkan untuk melihat apakah upaya yang dilakukan telah sesuai dengan rencana atau tidak (Pemantauan) dan ataukah tujuan yang ditetapkan telah tercapai atau tidak (Penilaian).

 2.Dapat Menerangkan Penyebab Suatu Masalah Kesehatan.

Dengan diketahuinya penyebab suatu masalah kesehatan, maka dapat disusun langkah – langkah penaggulangan selanjutnya, baik yang bersifat pencegahan ataupun yang bersifat pengobatan.

 3.Dapat Menerangkan Perkembangan Alamiah Suatu Penyakit.

Salah satu masalah kesehatan yang sangat penting adalah tentang penyakit. Dengan menggunakan metode Epidemiologi dapatlah diterangkan Riwayat Alamiah Perkembangan Suatu Penyakit ( Natural History of Disease ). Pengetahuan tentang perkembangan alamiah ini amat penting dalam menggambarkan perjalanan suatu penyakit. Dengan pengetahuan tersebut dapat dilakukan berbagai upaya untuk menghentikan perjalanan penyakit sedemikian rupa sehingga penyakit tidak sampai berkelanjutan. Manfaat / peranan Epidemiologi dalam menerangkan perkembangan alamiah suatu penyakit adalah melalui pemanfaatan keterangan tentang frekwensi dan penyebaran penyakit terutama penyebaran penyakit menurut waktu. Dengan diketahuinya waktu muncul dan berakhirnya suatu penyakit, maka dapatlah diperkirakan perkembangan penyakit tersebut.

 4.Dapat Menerangkan Keadaan Suatu Masalah Kesehatan.

Karena Epidemiologi mempelajari tentang frekwensi dan penyebaran masalah kesehatan, maka akan diperoleh keterangan tentang keadaan masalah kesehatan tersebut. Keadaan yang dimaksud di sini merupakan perpaduan dari keterangan menurut cirri – cirri Manusia, tempat dan Waktu.

Perpaduan cirri ini pada akhirnya menghasilkan 4 ( empat ) Keadaan Masalah Kesehatan yaitu :

 a.EPIDEMI

Adalah : Keadaan dimana suatu masalah kesehatan ( umumnya penyakit ) yang ditemukan pada suatu daerah tertentu dalam waktu yang singkat berada dalam frekwensi yang meningkat.

 b.PANDEMI

Adalah : Suatu keadaan dimana suatu masalah kesehatan ( umumnya penyakit ) yang ditemukan pada suatu daerah tertentu dalam waktu yang singkat memperlihatkan peningkatan yang amat tinggi serta penyebarannya telah mencakup suatu wilayah yang amat luas.

 c.ENDEMI

Adalah : suatu keadaan dimana suatu masalah kesehatan ( umumnya penyakit ) yang frekwensinya pada suatu wilayah tertentu menetap dalam waktu yang lama.

 d.SPORADIK

Adalah : suatu keadaan dimana suatu masalah kesehatan ( umumnya penyakit ) yang ada di suatu wilayah tertentu frekwensinya berubah – ubah menurut perubahan waktu.

DAFTAR PUSTAKA

1.Azrul Azwar ( 1999 ). Pengantar Epidemiologi, Jakarta, Binarupa Aksara.

2.Bhisma Murti ( 2003 ). Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.

3.Bustan MN ( 2002 ). Pengantar Epidemiologi, Jakarta, Rineka Cipta.

4.Eko Budiarto ( 2003 ). Pengantar Epidemiologi, Jakarta, EGC.

5. Indan Entjang ( 1979 ). Ilmu Kesehatan Masyarakat, Bandung, Penerbit Alumni.

18 responses to “PENGANTAR EPIDEMIOLOGI (MS.WORD version)

  1. menurut anda apa definisi dari “penyebab” dalam epidemiologi

  2. Bagus!!!
    Bwt bhan tutorial KLB hepatitis A

    Bpk.Dosen dmana?

  3. tolong kirimin, aplikasi epidemilogi dalam keperawatan yang terkait dengan perkembangan budaya masayarakat…?

  4. adityasetyawan

    Halloo…pa kabar…?? Ada info baru apa niy buat Saya…!!!

  5. wah, bgus bngt neh pak informasinya. kebetulan saya lagi belajar epide,iologi dan semoga informasi dari bpak bisa bermanfaat u saya dan temen2 yang sedang mendalami ilmu epidemiologi

  6. Sri Nuryati

    Bagus materinya, bisa nambah bahan bacaan buat ngajar.
    boleh kasih kritikan gak?
    mungkin akan lebih mudah dibaca, bila penulisannya dirapikan. seperti penggunaan huruf besarnya, tata cara menyusun point dan sub point-nya.
    maaf ya kalo menggurui……..
    niatnya sih kita sharing ilmu

  7. Iya…Ibu…Sri Nuryati, Thanks banget sudah mampir dan berkenan memberikan comment. Sungguh masukan Penjenengan benar, Saya sedang belajar niy Bu, jadi masih belepotan. Makanya beberapa materi Saya Posting dalam bentuk PDF untuk mendapatkan tampilan yang agak baik. Ibu coba buka yang PDF Version.

    Materi2 ini memang Saya sediakan untuk temen2 seprofesi dan Mahasiswa yang menginginkan semua materi yg ada di blog Saya ini.

    Sekali lagi Terima Kasih, dan kalo boleh Tolong Saya bisa diberi alamat Koresponden Ibu.

    Nuwun.

  8. Halo…mas Beny, Thanks dah mampir di blog yg sederhana ini. Senang sekali bila info2 ini bermanfaat dan jangan sungkan untuk mendapatkan info yang lain, dengan senang hati Saya akan membantu sepanjang Saya mampu.

    Kalo boleh Saya diberi alamat elektronik mas Beny, e-mail, FS ato FB.

    Salam,

  9. pak.. klw boleh jelasin sekalian frekuensi penyakit, distriusi dan determinannya……… sebelumnya terima kasiah pak atas penjelasannya…..

  10. O…ya, Materi tersebut ada di “Epidemiologi Deskriptif”, silahkan Anda buka pada Judul tersebut.

    Thanks.

  11. maaf mau tanya neghh..
    nhia mahasiswii kebidanan..
    kalau mau cari ukuran- ukuran epidemiologi dan surveilance dimana yagh..
    tlong yaghhh..
    thank’z sbelumnya..

  12. Baik. Terima kasih dah mampir.

    Untuk materi itu, di Blog Saya ini juga ada. Coba Anda lihat pada Pilihan Topik kemudian pilihlah Epidemiology, disitu sudah ada Hand Out tentang Frekuensi Masalah Kesehatan ( Ukuran2 Epidemiologi) dan juga Surveilans Epidemiology.

    Selamat Membaca, Semoga Sukses…!!!

  13. I want to say – thank you for this!
    viagra

  14. terima kasih materinya, bagi teman-teman yang butuh askep silahkan kunjungi blog saya. terima kasih

  15. terima kasih infonya. kunjungi juga kami, untuk mendapatkan download askep

  16. membantu sekali materinya….makasihhhhh ea…..GBU

  17. Salam Kenal Mas Aditya…..

    Terimakasih buat posting Epidnya….
    Btw, saya mau tanya… beda Epid Klinik sama Epid lapangan apa ya???
    Saya ada rencana untuk ambil Mag. Epid…. Cuman bingung mau pilih yang mana….????

    Mas Adit maunya Ada wadah untuk para epidemiolog, untuk sekedar share ilmu dan profesi aja…. Mas coba buatin web, so kita bisa berbagi disana…
    Trims….

  18. sari widiastuti

    makasih pak aditt.,,
    ukhty merasa terbantu bangett

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s