Pengantar “RANCANGAN PENELITIAN / DESAIN PENELITIAN”


CMHRimageSebelum kita memahami tentang Hakekat Rancangan Penelitian secara khusus, maka harus benar – benar memahami terlebih dahulu tentang Pola Umum Penelitian ( yang berkaitan dengan : Pengertian Penelitian, Tipologi Penelitian, Identifikasi & Perumusan Masalah Penelitian, Tujuan & Manfaat Penelitian,  Variable Penelitian, Hipotesis, Definisi Operasional, Subyek Penelitian, Instrumentasi & Pengukurannya, dan sebagainya).

Namun demikian, dengan mengetahui atau memahami Pola Umum Penelitian saja, maka penelitian itu masih belum bisa dilakukan TANPA mengetahui Bagaimana RANCANGAN / DESAIN Penelitiannya.

Ibarat membangun Sebuah Rumah, Pengetahuan tentang Pola Umum Penelitian itu dapat diumpamakan sebagai Cara untuk Membuat Pondasi, bagaiamana cara membuat kolom, bagaimana merangkai rangka-rangka dari besi, bagaimana cara menyusun batu bata, bagaimana cara membuat dan memasang jendela, pintu, plafon dan sebagainya. Sedangkan untuk membangun Sebuah Rumah, disamping kemampuan akan hal – hal tersebut di atas, masih diperlukan hal yang lain yaitu GAMBAR Rumah yang akan diBangun. Dan RANCANGAN Penelitian dapat diumpamakan sebagai GAMBAR Bangunan Rumah tersebut.

Untuk memahami Pengertian RANCANGAN PENELITIAN secara lebih lengkap, Silahkan Baca (Klik) pada Judul Bergaris Bawah berikut ini :

Pengantar Rancangan/Desain Penelitian (Pdf version)

About these ads

6 responses to “Pengantar “RANCANGAN PENELITIAN / DESAIN PENELITIAN”

  1. Wah…bagus niy Pak…!!! Mater yang lain juga dong….!!!

  2. Thanks, sdr. Septalia…Thanks juga dah mampir di Blog ini. Yah ntar semua materi yang memang berkaitan dengan bidang Saya pasti akan saya postingkan di blog saya ini.
    Dan materi apa yang Sdr cari…? Mungkin Saya bisa membantu.

    Tolong juga kritik dan Sarannya demi perbaikan Blog ini yah….!!!

    Salam Sukses…!!!

  3. ucapan saja mungkin tidak cukup untuk mengungkapkan rasa terimakasih ini,,

    tapi apa mau dikata, saya hanya bisa mengucapkan terimakasih saja. :D

  4. tHANKS mR. aLI. sudah mampir di Blog Saya.

    Tolong nanti Saya diajari untuk bikin Blog jadi lebih menarik nggih….. :)

  5. Saya mau Tanya jenis penelitian yang hanya meneliti perbedaan itu disebut jenis penelitian apa, dan bentuk desain untuk perbedaan kompetensi interpersinal antara siswa laki-laki dan perempuan itu seperti apa ?thx…..

  6. @ Sdr. Indri :

    Untuk Jenis2 & Rancangan Penelitian, mungkin Anda bisa baca di bukunya “Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi)” oleh Soekidjo Notoatmodjo Tahun 2002 sebagai Referensi.

    Kemudian, berdasarkan Pertanyaan Anda, Jika Penelitian itu ditujukan untuk melihat Perbedaan antara 2 Variabel atau Lebih “Tanpa ada PERLAKUAN”, maka menurut Saya akan lebih tepat menggunakan design “Deskriptif Observasional” saja. Kalau dalam bukunya Notoatmodjo tersebut ada istilah ‘Comparative Study’ (page 141)

    Demikian jawaban singkat Saya dan Terima Kasih, semoga bermanfaat.

    Salam,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s