Tahukah Anda : MUSIK ADALAH PENGASUH KELANGSUNGAN HIDUP MANUSIA…?


music-baby3Pada era akhir abad 20 ini, sejumlah pakar Ilmu Pengetahuan telah memperoleh berbagai bukti tentang Manfaat Musik bagi kesehatan dan perkembangan manusia, mulai dari proses perkembangan Janin sampai pada proses Menjelang Kematian. Musik merupakan salah satu bentuk Stimulus yg dapat merangsang respon bayi pada saat awal kehidupan mereka dan merupakan salah satu bentuk stimulus Terakhir yg dikenal seseorang pada saat menjelang ajalnya (Habermeyer,1999).

Perkembangan kehidupan manusia membutuhkan PENGASUHAN, tanpa Pengasuhan yg LAYAK potensi2 yg dimiliki oleh manusia tidak akan berkembang dengan baik. MUSIK merupakan salah satu sarana yg dapat digunakan untuk MENGASUH manusia dalam Proses Perkembangannya (Ortiz,1999).

Bukanlah merupakan sesuatu hal yg asing apabila seorang ibu bersenandung Nina-Bobo untuk menidurkan anaknya. Bukanlah sesuatu yg asing pula jika pengasuh menyanyikan lagu tertentu untuk membawa anak asuhnya kedalam keceriaan.

Murphy, 1998 ; mengemukakan bahwa Hubungan Manusia, khususnya hubungan ortu dan anak akan menjadi LEBIH BAIK jika komunikasi antara mereka TIDAK dibatasi oleh komunikasi Verbal saja. Adanya komunikasi Non-Verbal seperti Sentuhan, Belaian, serta Senandung merupakan bentuk yg amat baik untuk diterapkan di dalam Pola Pengasuhan Anak. Disamping itu musik memiliki dampak terapeutik dalam pengasuhan, karena musik tidak hanya memberi dampak pada subyek yg diasuh tetapi juga pada pengasuh. Pemanfaatan musik dalam program pengasuhan (MTC = Music Therapeutic Caregiving) merupakan salah satu bentuk program dimana Pengasuh (misalnya) menjadi model penyanyi dan anak asuh mengikuti perilaku model untuk menyanyi. Proses ini melibatkan aspek Ketaatan dan Perkembangan Nalar (seperti dengan mengingat syair serta memadu syair dengan gerak tertentu) ; dan juga merangsang perkembangan Emosional yakni hubungan Pengasuh dan Anak Asuh.

Di dalam program pengasuhan anak, musik dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk Belajar. Misalnya anak dapat belajar menghafal dengan bernyanyi, anak dapat belajar mengucapkan doa-doa sambil bernyanyi. Melalui aktivitas bernyanyi, anak dibawa ke alam Kegembiraan ; dan dalam suasana gembira Proses Belajar akan berlangsung lebih baik dibandingkan dengan proses belajar dengan Keharusan dan Paksaan.

Di dalam konteks Hubungan Sosial, musik juga merupakan sarana pengasuhan hubungan sosial. Pada budaya tradisional, pertemuan muda – mudi biasanya disertai dengan hadirnya musik baik dalam acara sosial bersama keluarga maupun dalam situasi resmi spt pernikahan. Terlebih dalam budaya Modern, dimana sarana musik dapat diperoleh dengan lebih mudah, lebih banyak suasana sosial muda – mudi yg disertai dengan kehadiran musik, baik sebagai latar belakang aktivitas mereka maupun sebagai tema sentral. Singkatnya, Musik menjadi salah satu PENGIKAT hubungan Sosial remaja yg bersifat mengasuh kelangsungan hubungan sosial tersebut. O`Neil (2000) secara tegas mengemukakan bahwa musik penting bagi perkembangan remaja karena musik memberi kesempatan pada remaja untuk mengembangkan imajinasi sosial mereka disamping merupakan sarana untuk memuaskan kebutuhan sosial para remaja.

Pada Usia Senja, ketika seseorang tengah memasuki rasa kesepian karena anggota keluarga yang lain telah meninggalkan rumah, atau ketika pasangan hidup sudah tidak ada lagi, Musik mampu meberikan nuansa yg berbeda dalam kehidupan pribadi seseorang. Tanpa musik, mungkin rasa sepi akan terasa semakin menyayat, namun dengan musik, kegalauan akan rasa sepi akan dapat terkurangi bahkan terobati. Adakalanya, musik mampu mengingatkan seseorang pada peristiwa – peristiwa indah dimasa lampau yang memberikan semangat baru untuk terus menjalani hidup dengan baik.music-care3

Musik merupakan sarana yang Mengasuh kelangsungan hidup manusia.

——————————————————————————————————————-

Disarikan dari berbagai sumber :

  1. Monty P. Satiadarma (2002). Terapi Musik. Milenia Populer, Jakarta.
  2. http://www.terapimusik.info/
  3. http://siar.endonesa.net/utty/2008/10/15/terapi-musik/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s