KEBIJAKAN & STRATEGI NASIONAL KESEHATAN REPRODUKSI DI INDONESIA


Pada saat ini Kesehatan Reproduksi telah mendapat perhatian khusus secara Global sejak diangkatnya isu tersebut dalam Konferensi Internasional tentang Kependudukan dan Pembangunan (International Conference on Population and Development, ICPD), di Kairo, Mesir, pada tahun 1994. Dalam Konferensi tersebut dihasilkan kesepakatan tentang Perubahan Paradigma dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan kependudukan, yang semula lebih menekankan pada pendekatan Pengendalian Populasi dan Penurunan Fertilitas menjadi pendekatan yang difokuskan pada Kesehatan Reproduksi serta upaya pemenuhan hak-hak reproduksi.

Disusunnya “Kebijakan dan Strategi Nasional Kesehatan Reproduksi di Indonesia” ini diharapkan dapat menjadi pedoman pelaksanaan upaya seluruh komponen kesehatan reproduksi di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu rekomendasi dari pertemuan-pertemuan Komisi Kesehatan Reproduksi yang telah berlangsung sejak tahun 1999. Penyusunan dokumen ini telah melibatkan secara-bersama-sama dari seluruh komponen kesehatan reproduksi baik lintas program maupun lintas sektor.

Adapun pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan Kebijakan dan Strategi Nasional Kesehatan Reproduksi ini, antara lain : BKKBN, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Sosial, Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Departemen Kesehatan, Dr. Alex Papilaya, MPH dan para Pengelola Program Daerah.

Untuk membaca selengkapnya tentang “Kebijakan dan Strategi Nasional Kesehatan Reproduksi di Indonesia” silahkan  : [KLIK di SINI]

 
 
 
———————-
available at http://indonesia.unfpa.org/application/assets/publications/Kebijakan_Strategi_Nasional_Kesehatan_Reproduksi_di_Indonesia.pdf.pdf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s