Pengantar Statistika


gedung2Pengertian Statistik secara etimologis berasal dari bahasa Latin yaitu Status dan bahasa Belanda yaitu Staat, yang dalam bahasa Indonesia berarti Negara. Secara umum istilah Statistik mempunyai 2 macam pengertian atau definisi, yaitu Pengertian dalam arti Sempit dan Luas. Selanjutnya dari dua pengertian tersebut muncul 2 terminologi kata atau istilah, yaitu STATISTIK  (=STATISTIC)  dan  STATISTIKA  (=STATISTICS).

STATISTIK (STATISTIC) :Adalah rekapitulasi dari fakta yang berbentuk angka-angka yang dapat disusun dalam bentuk tabel dan diagram yang mendeskripsikan suatu permasalahan. (Riduwan, 2010).

Menurut Sudjiono (2005), Statistik mempunyai beberapa pengertian atau definisi, yaitu :

  1. Statistik sebagai ‘Data Statistik’ yaitu Kumpulan bahan keterangan yang berupa angka atau bilangan ATAU Deretan kumpulan angka yang menunjukkan keterangan tentang kegiatan hidup tertentu.
  2. Statistik sebagai ‘Kegiatan Statistik’ yaitu Kegiatan perStatistikan berdasarkan Undang-undang No. 7 Tahun 1960 yang meliputi “Pengumpulan Data (Data Collecting)”, “Penyusunan Data (Summarizing)”, “Pengumuman dan Pelaporan (Tabulating and Report)”, dan Analisis Data (Data Analyzing).
  3. Statistik merupakan kumpulan data bilangan maupun bilangan yang disusun dalam bentuk tabel atau diagram yang mendeskripsikan suatu permasalahan.

Istilah statistik sering disesuaikan dengan bidang kegiatan atau ilmu yang menggunakannya seperti dalam bidang kesehatan menjadi Statistik Kesehatan, dalam bidang pendidikan menjadi Statistik Pendidikan, dalam bidang pertanian menjadi Statistik Pertanian, dsb. (Hasibuan, dkk., 2009)

Pengertian Statistika tidak sekedar berkaitan dengan angka-angka atau tabel dan grafik, namun mempunyai makna yang lebih luas yang mengandung pengertian tentang suatu pengetahuan atau metode.

Menurut Siswandari (2009), Statistika adalah Ilmu yang merupakan cabang dari matematika yang mengacu pada metodologi untuk mengumpulkan, menggambarkan, mempresentasikan dan menganalisa data kuantitatif dengan menggunakan teknik-teknik tertentu sampai dengan menafsirkan hasil analisis tersebut untuk kepentingan tertentu.

Statistika adalah Suatu ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan data statistik dan fakta yang benar serta mencakup teknik-teknik pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, menarik kesimpulan dan selanjutnya dapat digunakan untuk membuat kebijakan/keputusan. (Riduwan,2010).

Statistika juga dapat diartikan sebagai Pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara mengumpulkan data, pengolahan dan analisis data serta penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan analisis data yang telah dilakukan. (Hasibuan, dkk., 2009).

Uraian tentang Pengantar Statistika ini dapat dibaca lebih lengkap [DiSini]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s