REKAM MEDIS ELEKTRONIK (RME)


Rekam Medik (RM) merupakan berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain kepada pasien pada sarana pelayanan kesehatan. Seringkali Dokumen rekam medik tersebut terlalu tebal, tidak terorganisasi secara rapi, bahkan tidak terbaca; catatan kemajuan, laporan konsultan, hasil radiologi dan catatan perawat bercampur-aduk. Dalam kasus ini kartu rekam medik justru tidak mempermudah pelayanan.

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dewasa ini, maka Penyelenggaraan Rekam Medik di Indonesia juga harus mampu menyesuaikan diri dengan Perkembangan tersebut. Rekam Medik konvensional dianggap tidak tepat lagi untuk digunakan di abad 21 yang menggunakan teknologi informasi secara intensif dan lingkungan yang berorientasi pada otomatisasi pelayanan kesehatan dan bukan terpusat pada unit kerja semata. Oleh karena itu, Implementasi Rekam Medis Elektronik (RME) sudah semestinya mendapatkan perhatian secara khusus.

Berikut ini dilampirkan Handout tentang Rekam Medis Elektronik (RME) untuk Materi Kuliah Mahasiswa Prodi D-IV Kebidanan Alih Jenjang pada Politeknik Kesehatan Surakarta.

Untuk Download File Handout RME tersebut silahkan [KLIK di SINI]

Selanjutnya sebagai Referensi Pendukung, berikut ini disampaikan pula Permenkes No. 269 Tahun 2008 tentang Rekam Medis. Silahkan [KLIK di SINI]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s